SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Praktek Industri di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang

Sayyidul Kahfi

Abstrak


ABSTRAK

Kahfi, Sayyidul.2016. Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Praktek Industri di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Didik Dwi Prasetya, S.T.,M.T.(II) M. Zainal Arifin, S.Si., M.Kom.

Kata Kunci: Sistem Informasi, Manajemen, Praktek Industri

Kegiatan Praktek Industri di Jurusan Teknik Elektro sudah menjadi agenda rutin dan sudah termasuk di dalam mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa. Permasalahan yang timbul saat Praktek Industri ini dilakukan adalah proses pendaftaran yang masih manual sehingga tenaga administrasi harus menyalin data mahasiswa praktekan dari formulir ke dalam bentuk soft file memerlukan waktu lama. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain, mengimpelementasikan, dan menguji sistem informasi manajemen Praktek Industri di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri.

Dalam penelitian ini sebelum melakukan pengembangan sistem informasi peneliti melaukan observasi, wawancara dan studi pustaka yang berkaitan tentang pengembangan sistem, Sistem informasi manajemen praktek industri dikembangkan dalam bentuk website. Model pengembangan aplikasi sistem informasi manajemen praktek industri ini menggunakan waterfall  dari Roger S. Pressman yaitu requirement definition, system and software design, implementation and system testing, operation and maintenance.

Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah produk sistem informasi praktek industri berbasis website, dimana sistem informasi tersebut sudah dilakukan uji fungsionalitas menggunakan uji blackbox oleh ahli prangkat lunak, dan oleh pengguna saat dilapangan yaitu oleh dosen, industri, dan mahasiswa, dari uji tersebut didapatkan skor 100% sehingga sistem informasi ini dapat dikatakan valid atau diterima.