SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi SiBil pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Kelas X Program Keahlian TKJ SMKN 5 Malang

Wildan Setyo Budi

Abstrak


ABSTRAK

Budi, Wildan Setyo. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi SiBil pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Kelas X Program Keahlian TKJ SMKN 5 Malang, Skripsi,  Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Muladi, S.T., M.T. (II) Heru Wahyu Herwanto, S.T., M.Kom.

Kata Kunci: Penelitian dan Pengembangan, Media Pembelajaran, Game Edukasi, Mata Pelajaran Sistem Komputer

Masalah yang ditemukan di SMKN 5 Malang yaitu keaktifan belajar siswa dalam belajar mandiri, siswa kesulitan dalam berpikir abstrak dalam memahami mata pelajaran sistem komputer. Potensi yang ditemukan pada lapangan berupa fasilitas internet dan komputer yang memadai maka analisis kebutuhan menghasilkan solusi berupa pembuatan media pembelajaran berupa Game Edukasi SiBil. Pengembangan game edukasi menggunakan bahasa pemrograman javascript dengan bantuan framework Phaser.js dan bahasa markah HTML 5. Game edukasi bisa dimainkan melalui browser pada komputer. Game Edukasi dikembangkan berdasarkan silabus Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Sistem Komputer.

Pengembangan media pembelajaran game edukasi menggunakan model  penelitian dan pengembangan yang dikembangkan oleh Sugiyono, serta menggunakan model pengembangan perangkat lunak prototipe. Pengembangan Game Edukasi, diharapkan dapat membantu siswa dalam berpikir secara abstrak dan menjadi sebuah media pembelajaran alternatif pada mata pelajaran sistem komputer di SMKN 5 Malang. 

Berdasarkan hasil validasi dari ahli media, ahli materi dan uji coba kepada siswa didapatkan hasil sebesar 97,3% untuk ahli materi, 88,6% untuk ahli media, 86,5% untuk uji coba kelompok kecil dan 87.6% untuk uji coba kelompok besar. Berdasarkan kriteria kelayakan validitas Sugiyono (2010) persentase tersebut dinyatakan sangat layak. Dari hasil validasi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran game edukasi dapat digunakan sebagai suplemen Mata Pelajaran Sistem Komputer.