SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MODUL MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TKJ DI SMK NEGERI 1 UDANAWU BLITAR

Dhendik Dwi Prasetyo

Abstrak


ABSTRAK

Prasetyo, Dhendik Dwi. 2016. Pengembangan Modul Mata Pelajaran Pemrograman Dasar kelas XI Program Keahlian TKJ di SMK Negeri 1 Udanawu Blitar. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Puger Honggowiyono, M.T. (II) Heru Wahyu Herwanto, S.T., M.Kom.

Kata Kunci: Modul, Pemrograman Dasar, visual auditory, saintifik, kurikulum 2013

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan pada SMK Negeri 1 Udanawu Blitar, diketahui bahwa (1) Dalam pembelajaran guru menggunakan acuan Silabus dan Modul JENI pemrograman java, sedangkan siswa belum memiliki buku maupun modul untuk belajar. (2) Masih belum adanya modul pada mata pelajaran pemrograman dasar kelas XI TKJ dirasa siswa masih belum bisa belajar secara mandiri dengan hasil belajar maksimal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul mata pelajaran pemrograman dasar kelas XI program keahlian TKJ di SMK Negeri 1 Udanawu Blitar. Modul terdiri dari modul pegangan guru dan pegangan siswa. Media pembelajaran modul mata pelajaran pemrograman dasar kelas XI ini akan dikembangkan menggunakan langkah pembelajaran saintifik dan disesuaikan dengan karakteristik siswa secara visual auditory.

Model pengembangan yang digunakan untuk modul mata pelajaran pemrograman dasar kelas XI program keahlian TKJ di SMK Negeri 1 Udanawu Blitar ini mengadaptasi model pengembangan Pustekkom Depdiknas. Tahapan model pengembangan ini terdiri dari 7 tahap yaitu: (1) Bedah kurikulum; (2) Identifikasi Media; (3) Pengembangan naskah; (4) Produksi; (5) Penyempurnaan; (6) Tes/Ujicoba; (7) Revisi.

Hasil pengembangan dari modul mata pelajaran pemrograman dasar kelas XI program keahlian TKJ di SMK Negeri 1 Udanawu Blitar dilihat dari kelebihan produk dan kelayakan. Hasil uji coba Kelayakan produk  sebagai berikut: 1) validasi ahli media mendapat persentase sebesar 94,59% (Sangat Valid), 2) validasi ahli materi 1 mendapat persentase sebesar 95,13% (Sangat Valid), 3) validasi ahli materi 2 (guru) mendapat persentase sebesar 96,21% (Sangat Valid), 4) hasil uji coba kelompok kecil mendapat persentase sebesar 93,4% (Sangat Valid) 5) hasil uji coba kelompok besar mendapat persentase 90,11 (Sangat Valid). Berdasarkan kelebihan dan hasil uji coba kelayakan produk, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) telah tersedia bahan ajar baru berupa modul ajar untuk mengatasi keterbatasan bahan ajar bagi guru maupun siswa program keahlian TKJ di SMK Negeri 1 Udanawu pada mata pelajaran Pemrograman Dasar kelas XI, 2) pengembangan Modul Mata Pelajaran Pemrograman dasar kelas XI Program Keahlian TKJ SMK Negeri 1 Udanawu Blitar memenuhi kriteria sangat valid dan sangat layak digunakan tanpa revisi.