SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Bagi Siswa SMK Program Keahlian RPL Kelas X

IIN CHOIRIYAWATI

Abstrak


Choiriyawati, I. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Bagi Siswa SMK Program Keahlian RPL Kelas X. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara, M.Pd., (II) Heru Wahyu Herwanto, S.T.,M.Kom.

Kata Kunci: pengembangan, media pembelajaran, pemrograman web

Media pembelajaran interaktif merupakan aplikasi yang menggabungkan beberapa media (teks, suara dan gambar) dan dilengkapi dengan menu navigasi yang dapat dikontrol oleh pengguna dengan tujuan untuk menyampaikan informasi atau pesan serta merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan pengguna untuk belajar sehingga terjadi proses pembelajaran yang terkendali dan sesuai dengan tujuan bidang keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) SMK Negeri 11 Malang, menyatakan bahwa proses pembelajaran yang dilakukan dengan cara guru menjelaskan materi dan siswa mencatat poin penting materi, kemudian siswa diminta untuk menyelesaikan suatu study kasus dan mempresentasikan hasil pekerjaan mereka. Selain itu, implementasi study kasus diterapkan melalui media komputer dengan cara praktik langsung. Namun tidak semua siswa dapat menerima materi yang diajarkan dan praktik yang dilakukan secara langsung pada saat pembelajaran berlangsung. Hal tersebut berakibat tidak semua siswa memahami materi yang diajarkan dikelas.

Model pengembangan yang digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran ini adalah model R & D menurut Sugiyono, terdapat langkah-langkah yang dilakukan untuk mencapai hasil yang diharapkan adapun tahap – tahapannya adalah : 1) Potensi dan Masalah, 2) Pengumpulan Data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5) Uji Coba Pemakaian, 6) Revisi produk, 7) Uji Coba Produk, 8) Revisi Desain, 9) Revisi Produk, 10) Produksi Massal. Subjek uji coba dalam pengembangan yaitu ahli media, ahli materi dan siswa SMK Negeri 11 Malang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa kuisioner rating scale dan dihitung menggunakan rumus menurut Akbar.

Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data maka didapat presentase validitas 85,3% dari ahli media, 86,8% dari ahli materi, 83,4% dari hasil uji coba kelompok kecil dan 85,1% dari hasil uji coba kelompok besar. Didapatkan  rata-rata uji validasi sebesar 86% dan rata-rata uji coba media sebesar 84.2% dengan total rata-rata keseluruhan 85.1% yang berarti layak dari batas minimal presentase sebesar 85%. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran pemrogrman web valid dan layak digunakan sebagai media bantu dalam pembelajaran di kelas maupun digunakan secara individu.