SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Ajar Cetak Pada Mata Pelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi Kelas XI Program Keahlian Multimedia SMK Negeri 1 Pasuruan

Oka Dwi Quarhanda Mugianto

Abstrak


Quarhanda Mugianto, Oka Dwi. 2016. Pengembangan Buku Ajar Cetak Pada Mata Pelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi Kelas XI Program Keahlian Multimedia SMK Negeri 1 Pasuruan. Skripsi. Pendidikan Teknik Informatika. Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Puger Honggowiyono, M.T., (II) Heru Wahyu Herwanto, S.T.,M.Kom.

Kata Kunci: pengembangan, buku ajar, Teknik Animasi 2 Dimensi, Multimedia

Pada Kurikulum 2013 di Program Keahlian Multimedia terdapat mata pelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi. Berdasarkan hasil observasi di SMK Negeri 1 Pasuruan program keahlian Multimedia terdapat permasalahan dalam pembelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi yaitu: (1) Belum adanya buku ajar yang sesuai dengan kurikulum 2013; (2) Tingkat ketuntasan peserta didik dalam pembelajaran yang tergolong rendah yaitu hanya 5% dari 35 peserta didik yang nilainya melampaui KKM. Berdasarkan permasalahan yang ada maka dibutuhkan pengembangan buku ajar untuk menunjang proses pembelajaran mata pelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi di SMK Negeri 1 Pasuruan.

Model pengembangan bahan ajar yang digunakan yaitu model penelitian dan pengembangan Pustekkom Depdiknas (Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Departemen Pendidikan Nasional). Model pengembangan Pustekkom Depdiknas terdiri dari 7 tahapan, yaitu: (1) Bedah Kurikulum, (2) Identifikasi Media, (3) Pengembangan Naskah, (4) Produksi, (5) Penyempurnaan, (6) Uji Coba, (7) Revisi. Instrument pengumpulan data menggunakan angket untuk validator dan subjek uji coba serta pre test dan post test.

Berdasarkan hasil analisa data yang dilakukan, didapatkan persentase hasil akhir validasi oleh ahli materi 1 sebesar 94,2%, ahli materi 2 sebesar 96,3% dan ahli media 96,7%. Hasil uji coba kelompok kecil sebesar 91,3% dan hasil uji coba kelompok besar sebesar 93,8%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil pengembangan buku ajar Teknik Animasi 2 Dimensi secara keseluruhan dinyatakan sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Selain itu, pada uji coba kelompok kecil memiliki rata-rata nilai pre test sebesar 67,3 dan rata-rata nilai post test 93,9. Sedangkan uji coba kelompok besar memiliki rata-rata nilai pre test sebesar 64,33 dan rata-rata nilai post test sebesar 92,33%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa buku ajar Teknik Animasi 2 Dimensi yang dikembangkan ini dapat menarik minat belajar siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Program Keahlian Multimedia dalam pembelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi.