SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Sistem Informasi Bimbingan Konseling Pada SMAN 1 Pandaan Berbasis Website

muhammad muchson attoyibi

Abstrak


Berdasarkan observasi yang telah dilakukan oleh penulis di SMAN 1 Pandaan, diketahui bahwa banyak layanan Bimbingan dan Konseling (BK) masih dilakukan dengan manual sehingga penyelenggaraan layanan memakan banyak waktu, rawan dari kesalahan, dan tidak memaksimalkan fasilitas yang disediakan oleh sekolah seperti komputer, internet, dan server. BK di SMAN 1 Pandaan sudah memiliki sebuah sistem yang bernama Sistem Informasi Manajerial Bimbingan Konseling (SIMBK). SIMBK tidak digunakan karena database dan format laporan yang berbeda dengan sekolah. Selain itu, SIMBK berbasis desktop sehingga peserta didik tidak dapat menggunakan SIMBK secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah sistem informasi bimbingan konseling yang memenuhi kebutuhan layanan BK di SMAN 1 Pandaan. Sistem informasi ini akan menggunakan basis website dalam pengembangannya, karena website lebih mudah digunakan dan dapat memaksimalkan fasilitas yang ada di SMAN 1 Pandaan.

Model pengembangan yang digunakan pada sistem informasi bimbingan konseling adalah model Waterfall, dengan tahapan requirements definition, sistem and software design, implementation and unit testing, integration and sistem testing, dan tahap operation and maintenance.Validasi sistem informasi dilakukan dengan metode black-box, untuk menguji fungsional sistem.Validasi dilakukan olehahli sistem informasi, ahli materi BK, guru BK, peserta didik(member), admin, dan user umum.

Berdasarkan validasi yang dilakukan kepada subjek uji, didapatkan persentase validasi untuk ahli sistem informasi sebesar 100%, ahli materi BK sebesar 100%, guru BK sebesar 100%, peserta didik sebesar 100%, admin sebesar 100%, dan user umum sebesar 100%. Hasil uji coba tersebut menunjukkan bahwa sistem yang dikembangkan sudah valid dan layak untuk dapat diterapkan di SMAN 1 Pandaan.