SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Trainer Smart Relay secara Ergonomi Matapelajaran Sistem Kontrol Terprogramuntuk Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Otomasi Industri di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan

afan annur ayubi

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

Smart relay adalah perangkat kendali yang dapat diprogram secara berulang-ulang untuk menjalankan intruksilogika timer, counter, penjadwalan, dan pembacaan data analog.Smart relay semakin banyak digunakan di dunia industri sehingga menuntut siswa SMK untuk mempunyai sikap, pengetahuan dan keterampilan tentang smart relay khususnya untuk SMK program studi Teknik Otomasi Industri.  Materi smart relay dapat diajarkan pada matapelajaran Sistem Kontrol Terprogram untuk kelas XII semester ganjil.

Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah: (1) Membuat trainer smart relay secara ergonomis mata pelajaran Sistem Kontrol Terprogram untuk siswa Kelas XII program keahlian Teknik Otomasi Industri di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan. (2) Mengidentifikasi tingkat kelayakan trainer smart relay secara ergonomis mata pelajaran Sistem Kontrol Terprogram untuk siswa Kelas XII program keahlian Teknik Otomasi Industri di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan.Model penelitian pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model ADDIE dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) Anlyze, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation dan (5)Evaluation.

Produk trainer dan manual book ini telah divalidasi oleh ahli (reviewer) serta telah diuji cobakan kepada siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen melalui uji kelayakan dan uji keefektivan. Kelayakan trainer dan manual book diketahui berdasarkan hasil angket. Hasil angket reviewer mendapatkan persentase 95,73% (sangat valid),hasil angket siswa pada uji coba perseorangan mendapatkan persentase 92,8% (sangat valid), dan hasil angket siswa pada uji coba kelompok kecil mendapatkan persentase 94,43 % (sangat valid). Apabila di rata-rata secara keseluruhan persentase yang diperoleh adalah 94,32%. Berdasarkan persentase tersebut, produk trainer dan manual book dinyatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran di sekolah.Uji keefektifan dilakukan dengan cara pengamatan oleh penamat (observer) ketita proses pembelajaran berlangsung. Hasil uji keefektifan trainer smart relay yang digunakan baik dan efektif terbukti melihat respon, perhatian, kemauan, dan konsentrasi siswa saat proses pembelajaran berlangsung lebih baik dibandingkan tanpa menggunakan trainer smart relay.