SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar Perbaikan Motor Listrik Berbasis Multimedia untuk Kompetensi Keahlian Instalasi Tenaga Listrik di Tingkat SMK

Ely Anawati

Abstrak


Bahan ajar dalam proses pembelajaran memegang peranan penting sebagai alat bantu untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektif. Pada pembelajaran standar kompetensi perbaikan motor listrik diperlukan pemahaman yang tinggi untuk dapat mempraktikkannya. Berdasarkan hal tersebut pembuatan bahan ajar berbasis multimedia sangat diperlukan agar pembelajaran lebih menyenangkan dan materi mudah dipahami. Berangkat dari permasalahan yang ada antara lain: (1) Bagaimana merancang bahan ajar, (2) Bagaimana pembuatan bahan ajar, dan (3) Bagaimana cara menguji kelayakan bahan ajar perbaikan motor listrik berbasis multimedia untuk kompetensi keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di Tingkat SMK.

Penelitian ini merupakan pengembangan bahan ajar perbaikan motor listrik berbasis multimedia yang bertujuan: (1) Merancang bahan ajar perbaikan motor listrik berbasis multimedia untuk Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di Tingkat SMK. (2) Membuat bahan ajar memperbaiki motor listrik berbasis multimedia untuk Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di Tingkat SMK. (3) Menguji kelayakan bahan ajar perbaikan motor listrik berbasis multimedia untuk Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di Tingkat SMK. Metode dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan pengembangan ADDIE (analysis,design,development, implementation,evaluation) yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi.

Validasi bahan ajar dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Bahan ajar yang dikembangkan diujicoba oleh 32 siswa SMK Sore Tulungagung kelas XII Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Penelitian ini mengambil populasi siswa SMK kompetensi keahlian teknik instalasi tenaga listrik. Siswa berjumlah 32 orang yang dijadikan sample. Bahan ajar yang digunakan dikemas dalam bentuk (Compact Disk) CD. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan pada penelitian, didapatkan hasil: 1) hasil validasi ahli media sebesar 82,8% yang tergolong valid, 2) hasil validasi ahli materi sebesar 82,5% yang tergolong valid, 3) hasil uji coba siswa sebesar 89,7% yang tergolong valid. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa produk hasil pengembangan termasuk valid dan layak digunakan untuk pembelajaran memperbaiki motor listrik.