SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penerapan Trainer Sepeda Penghasil Listrik Portable pada Pembelajaran Renewable Energy terhadap Hasil Belajar Siswa di SMKN 8 Malang

Sona Tungga Siswanto

Abstrak


Trainer dalam mengajar memegang peranan penting sebagai alat bantu untuk menciptakan proses belajar mengajar yang efektif. Unsur metode dan alat merupakan unsur yang tidak dapat dilepaskan dari unsur lain yang berfungsi sebagai cara atau teknik untuk menyampaikan bahan pelajaran agar dapat mencapai tujuan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Trainer Sepeda Penghasil Listrik Portable pada Pembelajaran Renewable Energy terhadap Hasil Belajar Siswa di SMKN 8 Malang.

Alat peraga adalah suatu alat yang dapat diserap oleh mata dan telinga dengan tujuan membantu guru agar proses belajar mengajar siswa lebih efektif dan efisien (Sudjana, 2002: 59 ). Trainer merupakan salah satu komponen penentu efektivitas belajar. Trainer  mengubah materi ajar yang abstrak menjadi kongkrit dan realistik. Penyediaan perangkat  trainer merupakan bagian dari pemenuhan kebutuhan siswa dalam belajar.

Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan pada peningkatan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan SPSS 16.0  for windows, didapatkan nilai thitung = 2,33> ttabel (0.05) =1,99. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian diterima, sehingga terdapat pengaruh Penerapan Trainer Sepeda Penghasil Listrik pada Pembelajaran Renewable Energy terhadap Hasil Belajar Siswa di SMKN 8 Malang pada pokok bahasan Energi Alternatif.

Jadi dapat dikatakan peningkatan motivasi berbanding lurus terhadap prestasi belajar siswa. Artinya ketika siswa memiliki motivasi yang baik dalam belajar, kemungkinan besar prestasi akan meningkat. Mengingat metode pembelajaran menggunakan trainer dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa terhadap pelajaran Renewable Energy pada pokok bahasan Energi Alternatif, maka disarankan kepada guru agar menerapkan metode pembelajaran ini pada materi yang lain.