SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Sikap Kerja dan Prosedur K3 di Sekolah Relevansinya dengan di Dunia Industri Ketenagalistrikan pada SMK kelas XI Jurusan Listrik di Kota Kediri

Abdur Rohim

Abstrak


Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) merupakan era pasar bebas yang memberikan dampak ke perusahaan-perusahaan. Setiap perusahaan berupaya memberikan yang terbaik dan berupaya tidak kalah dalam persaingan.  Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang tingkat produktivitasnya tinggi dan angka kecelakaanya rendah. Angka kecelakaan kerja di industri yang terus meningkat, menjadikan K3 sangat diperlukan dalam era MEA.

Salah satu upaya agar perusahaan memiliki K3 yang baik, maka perlunya sejak dini disiapkan tenaga yang sadar akan pentingnya K3. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan lembaga pendidikan yang menyiapkan peserta didik siap bekerja. Pada pembelajaran SMK sudah diterapkan K3 saat siswa praktikum, agar siswa terbiasa dan lebih paham K3. Meskipun K3 sudah diterapkan di SMK, namun tingkat relvansinya belum diketahui. Sehingga dalam penelitian ini, berusaha mengkaji tingkat revelansi K3 di SMK dengan K3 di industri. 

Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kuantitatif dan dilakukan di SMK Se-kota Kediri, dengan batasan hanya jurusan Listrik. Populasi berjumlah 220 dari seluruh SMK jurusan Listrik di kota Kediri dan untuk penentuan jumlah sampel menggunakan teknik random sampling di dapat 135 siswa, dengan teori dari Hery King yang menggunakan tingkat kesalahan 5%. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sikap kerja siswa kelas XI jurusan listrik pada saat praktikum di sekolah sudah relevan dengan kebutuhan industri  ketenagalistrikan saat ini, sedangkan untuk penerapan prosedur K3nya belum relevan.