SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Sistem Informasi Praktik Industri Versi 3 di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang

Muhammad Nur'azza Al'ilmi

Abstrak


Nur’azza, Muhammad. 2016. Pengembangan Sistem Informasi Praktik Industri Versi 3 di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Skripsi, S1 Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) M. Zainal Arifin, S.Si, M.Kom. (II) Drs. Slamet Wibawanto, M.T.

Kata Kunci : Sistem Informasi, Praktik Industri, Penelitian dan Pengembangan

Berdasarkan observasi di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang pada Sistem Informasi Praktik Industri diketahui bahwa dalam pelaksanaan praktik industri, mahasiswa harus kreatif dan berinisiatif mencari kegiatan dan pengalaman sebanyak-banyaknya. Namun juga harus selalu diingat bahwa setiap kegiatan yang dilaksanakan di perusahaan harus seijin pembimbing dari perusahaan. Tuntutan tugas tersebut menimbulkan kendala bagi mahasiswa, dosen, dan pihak industri. Sistem informasi praktik industri sudah ada di Jurusan Teknik Elektro. Namun, sistem yang pernah dikembangkan sebelumnya hanya mempunyai fitur pendaftaran praktik industri, persetujuan tempat, dan lokasi, serta plotting dosen pembimbing praktik industri. Pada kenyataannya saat ini Jurusan Teknik Elektro membutuhkan sistem informasi praktik industri yang mempunyai fitur pemberian evaluasi, pemberian referensi industri, dan pemantauan kinerja mahasiswa dalam melakukan praktik di industri.

Model pengembangan sistem yang digunakan pada sistem informasi praktik industri ini adalah model Waterfall. Dengan menggunakan model ini maka pengembangan sistem menjadi lebih mudah karena dilakukan secara bertahap. Algoritma ELO Rating Sistem ditambahkan ke dalam sistem sebagai kecerdasan buatan yang akan menghitung rating. Untuk pengujian sistem akan digunakan metode black-box. Metode black-box digunakan untuk menguji jalannya fungsionalitas dari program. Pengujian dilakukan dalam bentuk kuisioner, uji validitas ahli dan respon pengguna.

Hasil pengujian black-box oleh ahli sistem informasi dan pengguna sebagai administrator, dosen, industri, dan mahasiswa mendapat total skor 100%. Berdasarkan hasil pengujian tersebut dapat disimpulkan bahwa Feedback Sistem Informasi Praktik dinyatakan layak/valid