SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul Ajar Mata Pelajaran Pemrograman Web Statis Tingkat Dasar Berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk Siswa Kelas XI Semester 1 Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 1 Tapen Kabupaten Bondowoso

Vishal Rahmat Dharmawan

Abstrak


ABSTRAK

Dharmawan, Vishal Rahmat. 2016. Pengembangan Modul Ajar Mata Pelajaran Pemrograman Web Statis Tingkat Dasar Berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk Siswa Kelas XI Semester 1 Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 1 Tapen Kabupaten Bondowoso. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara, M.Pd. (II) Didik Dwi Prasetya, S.T., M.T.

Kata Kunci:pengembangan, modul, project based learning, pemrograman web statis tingkat dasar

Prestasi belajar merupakan sesuatu yang dibutuhkan seseorang untuk mengetahui kemampuan setelah melakukan kegiatan belajar. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar peserta didik di bidang akademik seperti bahan ajar yang hanya berupa Lembar Kerja Siswa (LKS), PowerPoint, dan Internet yang digunakan guru di SMK Negeri 1 Tapen Kabupaten Bondowoso menjadi masalah utama yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan Modul Ajar Pemrograman Dasar Web Statis Tingkat Dasar Berbasis Project Based Learning (PjBL) Kelas XI Semester 1 Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 1 Tapen Kabupaten Bondowoso; dan menguji kelayakan modul ajar tersebut. Modul yang dikembangkan terdiri dari modul guru dan modul siswa.

Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE. Langkah-langkah model pengembangan ADDIE terdiri dari lima langkah pengembangan yaitu: (1) Analysis (Analisis); (2) Design (Perancangan); (3) Development (Pengembangan); (4) Implement (Implementasi); dan (5) Evaluation (Evaluasi). Produk yang dikembangkan akan diuji melalui tahap uji validasi dan uji coba pengguna dengan menggunakan angket.

Hasil validasi oleh ahli materi 1 diperoleh persentase sebesar 90,98%. Hasil validasi oleh ahli materi 2 diperoleh persentase sebesar 88,89%. Hasil validasi oleh ahli media diperoleh persentase sebesar 89,72%. Hasil uji coba kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 87,73%. Hasil uji coba kelompok besar diperoleh persentase sebesar 90,11%. Hasil secara keseluruhan dari pengembangan Modul Ajar Pemrograman Dasar Web Statis Tingkat Dasar Berbasis Project Based Learning (PjBL) Kelas XI Semester 1 Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 1 Tapen Kabupaten Bondowoso diperoleh persentase sebesar 89,49%. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan layak digunakan pada proses pembelajaran.