SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Fuzzy Database Model Tahani pada Sistem Pengelolaan Pembelajaran untuk Kurikulum 2013 Berbasis WEB di SMA Negeri 1 Pandaan

Khoirul Anshori

Abstrak


Anshori, Khoirul. 2016. Penerapan Fuzzy Database Model Tahani pada Sistem Pengelolaan Pembelajaran untuk Kurikulum 2013 Berbasis WEB di SMA Negeri 1 Pandaan. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Triyanna Widiyaningtyas, S.T., M.T., (II) M. Zainal Arifin, S.Si., M. Kom.

Kata Kunci: penelitian dan pengembangan, sistem informasi, pengelolaan pembelajaran, fuzzy database, model tahani, kurikulum 2013, website

Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di SMA Negeri 1 Pandaan, diketahui bahwa proses pembelajaran masih dilakukan secara konvensional sehingga fasilitas-fasilitas pendukung pembelajaran yang disediakan di sekolah seperti komputer, internet, dan server di sekolah belum dimanfaatkan dengan baik, selain itu belum ada sistem yang dapat digunakan untuk mengevaluasi pembelajaran guru sesuai dengan standar kompetensi pada kurikulum 2013 yang digunakan di sekolah. Oleh karena itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan sebuah sistem pembelajaran yang dapat digunakan dalam pemanfaatan fasilitas-fasilitas tersebut sehingga proses pembelajaran menjadi lebih baik. Kemudian agar sistem pembelajaran yang dibuat dapat mengevaluasi pembelajaran guru sesuai kurikulum 2013 maka diperlukan algoritma untuk membantu evaluasi, algoritma yang digunakan pada sistem ini yaitu Algoritma Fuzzy Database Model Tahani karena algoritma ini menggunakan basis data standar untuk pemrosesan data sehingga model ini sangat sesuai jika digunakan dalam proses pencarian data yang tepat dan akurat.

Model pengembangan yang digunakan pada sistem pengelolaan pembelajaran ini adalah model Waterfall, karena kebutuhan dari sistem yang akan dibuat sudah jelas. Dengan menggunakan model ini maka pengembangan sistem menjadi lebih mudah karena dilakukan secara bertahap. Sedangkan untuk pengujiannya akan digunakan metode black-box. Metode ini akan meningkatkan validitas semua fungsi perangkat lunak sesuai dengan fungsionalitas yang telah didefinisikan.

Sistem pembelajaran ini dikembangkan berdasarkan kebutuhan pengguna di SMA Negeri 1 Pandaan. Berdasarkan hasil uji coba fungsionalitas yang dilakukan oleh ahli sistem informasi, admin, guru, dan siswa didapatkan hasil berupa nilai sebesar 100%. Hasil uji coba tersebut menunjukkan bahwa sistem yang dikembangkan sudah sesuai dengan kebutuhan dan data hasil evaluasi yang didapatkan sudah sesuai dengan hasil perhitungan konsep fuzzy database model tahani jika dilakukan secara manual.