SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar pemrograman Berorientasi Objek pada Matakuliah Mikrokontroler Untuk Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang

Irkham Maulana Marzuki

Abstrak


Pemrograman untuk mikrokontroler banyak mengalami perkembangan yang akhir-akhir ini mulai dipakai beberapa praktisi pemrograman mikro seperti arduino. Untuk bahasa pemrograman yang digunakan dalam Arduino adalah pemrograman berorientasi objek. Tapi kemudahan-kemudahan yang ditawarkan library-library Arduino baru bisa dirasakan setelah kita memiliki board Arduino karena library-library tersebut dikonfigurasi secara khusus supaya bekerja pada board-board Arduino.

Adapun beberapa alasan yang menganggap matakuliah tersebut perlu di kembangkan di antaranya: (1) belum terdapat modul untuk praktikum pemrograman berorientasi objek yang menarik; (2) masih sebatas menggunkan class tidak disertakan pembuatan class dan fungsi dari class tersebut; (3) ketika ingin memodifikasi program yang telah lama seringkali mahasiswa akan mengalami kesulitan.

Model pengembangan bahan ajar ini adalah model yang telah dimodifikasi dari model pengembangan Sugiyono yang disesuaikan dengan kondisi pengalaman lapangan. Adapun langkah-langkah penelitian media bahan ajar yang digunakan adalah sebagai berikut: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain dan materi; (5) revisi desain; (6) uji coba produk (kelompok kecil); (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian (kelompok besar); (9) revisi produk; (10) produk akhir dan laporan.

Berdasarkan pada hasil uji coba, diperoleh presentase dari tiap-tiap subyek coba sebagai berikut: (1) dari ahli materi diperoleh presentase sebesar 90,28%. (2) dari ahli media diperoleh presentase sebesar 92,31%, (3) dari uji coba kelompok besar diperoleh presentase sebesar 90%. sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar pemrograman berorientasi objek sebagai media pembelajaran pada Matakuliah Praktikum Mikrokontroler Di Universitas Negeri Malang ini dinyatakan valid dan layak digunakan sebagai bahan ajar.