SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Regulated Power Supply Pada Standar Kompetensi Mengoperasikan Power Supply Jurusan Teknik Elektonika Industri di SMKN 1 Blitar

Nadia Rizky Nahari

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

ABSTRAK

Nahari, Nadia Rizky. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Regulated Power Supply Pada Standar Kompetensi Mengoperasikan Power Supply Jurusan Teknik Elektonika Industri di SMKN 1 Blitar. Skripsi, Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Suwasono, M. T.(2) I Made Wirawan, S.T., S.S.T., M.T.

Kata Kunci: Jurusan Teknik Elektronika Industri SMKN 1 Blitar,Pengembangan, Regulated Power Supply

Regulated Power supply merupakan kompetensi dasar dalam standar kompetensi kejuruan jurusan Teknik Elektronika Industri SMKN 1 Blitar. Hasil wawancara guru pengampu dan siswa pada standar kompetensi mengoperasikan power supply, menyatakan membutuhkan perangkat pembelajaran berupa modul, jobsheet dan trainer untuk menunjang pembelajaran.Tujuan dari pengembangan yang dilakukan adalah (1) Membuat perangkat pembelajaran berupa modul pembelajaran standar kompetensi Mengoperasikan Power Supply Elektronika Industri, (2) Membuat perangkat pembelajaran berupa Jobsheet untuk standar kompetensi Mengoperasikan Power Supply Elektronika Industri, (3) Membuat trainer untuk standar kompetensi Mengoperasikan Power Supply Elektronika Industri, (4) Menguji kelayakan modul untuk standar kompetensi Mengoperasikan Power Supply Elektronika Industri, (5) Menguji kelayakan jobsheet untuk standar kompetensi Mengoperasikan Power Supply Elektronika Industri, (6) Menguji kelayakan trainer untuk standar kompetensi Mengoperasikan Power Supply Elektronika Industri. 

Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan ini adalah model pengembangan Sadiman. Kuisioner atau angket digunakan terdiri dari tiga jenis berdasarkan responden, yaitu ahli materi,ahli media, dan siswa.Hasil validasi dan uji coba bahan ajar dilakukan dengan 5 tahapan adalah sebgai berikut: (1) validasi ahli materi 1 sebesar 92,7%, validasi ahli materi 2 sebesar 99%, (2) ahli media sebesar 90%, (3) uji coba satu lawan satu sebesar 96%,(4) uji coba kelompok kecil sebesar 93%, (5) uji coba lapangan sebesar 90%. Hasil validasi dan uji coba menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran regulated power supply sangat valid dan sangat layak digunakan dalam pembelajaran.