SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANTARMUKA MIKROKONTROLER DENGAN SENSOR DAN TRANDUSER UNTUK MAHASISWA S1 PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Rizqi Isa Firdaus

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

ABSTRAK

Isa, Rizqi Firdaus.2016.Pengembangan Media Pembelajaran Antarmuka Mikrokontroler dengan Sensor dan Tranduser untuk Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Eng. Siti Sendari, S.T.,M. T.(2) Drs. Suwasono, M.T.

Kata Kunci : Trainer Antarmuka Sensor dan Tranduser, Bahan Ajar Cetak (Modul Praktikum), Mikroprosesor Lanjut.

Matakuliah Mikroprosesor Lanjut merupakan salah satu matakuliah wajib bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Berdasarkan hasil wawancara/interview dosen pengampu matakuliah Mikroprosesor dan pengalaman pada saat menempuh matakuliah Sensor dan Tranduser, terdapat alat/modul sensor namun belum tersedianya bahan ajar, dan belum adanya materi tentang antarmuka mikrokontroler dengan sensor. Sehingga diperlukan trainer antarmuka sensor dan bahan ajar berupa modul untuk menunjang pembelajaran mahasiswa pada Matakuliah Mikroposesor Lanjut. Cara ini direalisasikan dengan mendesain trainer antar muka mikrokontroler  dengan sensor dan tranduser untuk selanjutnya dibuatkan bahan ajar berupa modul praktikum untuk Matakuliah Mikroposesor Lanjut.

Tujuan dari pengembangan modul Antarmuka Mikrokontroler dengan Sensor adalah merancang bahan ajar berupa modul praktikum Antarmuka Mikrokontroler dengan Sensor pada Matakuliah Mikroprosesor Lanjut untuk prodi S1 PTE Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang; mengembangkan trainer Antarmuka Mikrokontroler dengan Sensor pada matakuliah Mikroprosesor Lanjut untuk prodi S1 PTE Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang; dan menguji modul dan trainer Antarmuka Mikrokontroler dengan Sensor hingga layak digunakan pada Matakuliah Mikroprosesor Lanjut untuk prodi S1 PTE Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari langkah-langkah pengembangan Sadiman dengan melakukan sedikit modifikasi. Seluruh proses pengembangan terbagi dalam 8 langkah, yakni: identifikasi kebutuhan, perumusan tujuan, perumusan butir-butir materi, perumusan alat pengukur keberhasilan, penulisan naskah media, tes/ ujicoba, revisi, dan naskah siap produksi. Hasil dari penelitian  yang telah dikembangkan dan divalidasi oleh ahli materi diperoleh nilai rata-rata 96,29%, ahli media diperoleh 94,44 %, uji coba kelompok kecil diperoleh 90,5 %, dan uji coba kelompok besar diperoleh 90,3 %. Hasil validasi, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar menyatakan bahwa trainer dan modul Antarmuka Mikrokontroler dengan Sensor dan Tranduser secara keseluruhan layak, sehingga dapat digunakansebagai media dalam membantu proses pembelajaran pada Matakuliah Mikroprosesor Lanjut.