SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Kemampuan Kerja Tim dan Kemandirian Siswa dengan Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Siswa SMK Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan Se-Kota Malang

indah setyo rahayu

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

ABSTRAK

Rahayu, Indah Setyo. 2016. Hubungan Kemampuan Kerja Tim dan Kemandirian Siswa dengan Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Siswa SMK Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan Se-Kota Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Setiadi Cahyono Putro, M.Pd., M.T., (II) Drs. Puger Honggowiyono, M.T.

Kata kunci: Kemampuan, Kerja Tim, Kesiapan, Kemandirian

Kurangnya kesiapan kerja siswa menjadi salah satu alasan tingginya jumlah pengangguran di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Kualitas lulusan SMK juga mempengaruhi tingginya jumlah pengangguran. Peningkatan kualitas SDM sebagai pemenuhan tenaga kerja profuktif yang profesional perlu diimbangi dengan softskill yang memadai yaitu berupa kemampuan kerja tim, kemandirian yang menjadikan siswa memiliki kesiapan dalam memasuki dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tingkat kesiapan memasuki dunia kerja (Y), (2) mengetahui tingkat kemampuan kerja tim (X¬1)¬, (3) mengetahui tingkat kemandirian siswa (X¬2), (4) mengungkap signifikansi hubungan X1 dengan Y, (5) mengungkap signifikansi hubungan X2 dengan Y, (6) mengungkap signifikansi hubungan X1 dan X2 dengan Y.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan rancangan deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 515 siswa TKJ kelas XII Se-Kota Malang dengan sampel sebanyak 209 siswa. Pengukuran tiap variabel menggunakan angket tertutup. Angket tiap instrumen memiliki reliabilitas yang baik dengan nilai alpha X1 sebesar 0,723, X2 sebesar 0,726, dan Y sebesar 0,719. Data hasil penelitian juga menunjukkan adanya tingkatan pada tiap variabel yaitu: (1) Y berada pada kategori tinggi dengan jumlah 141 siswa, (2) X1 berada pada kategori tinggi dengan jumlah 138 siswa, dan (3) X2 berada pada kategori tinggi dengan jumlah 139 siswa.

Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi parsial dan regresi ganda. Maka didapatkan hasil korelasi X1-Y sebesar 0,179 dengan signifikansi 0.010, X2-Y sebesar 0,212 dengan signifikansi 0,002 dan nilai regresi hubungan X1, X2, Y dengan nilai r 0,082, f 9,166 dan signifikansi 0,000. Maka hasil penelitian ini yaitu: (1) tingkat Y termasuk kategori sedang, (2) tingkat X1 termasuk kategori tinggi, (3) tingkat X2 termasuk kategori tinggi, (4) ada hubungan posistif dan signifikan antara X1 dengan Y, (5) ada hubungan posistif dan signifikan antara X2 dengan Y, (6) ada hubungan posistif dan signifikan antara X1 dan X2 dengan Y.

ABSTRACT

Rahayu, Indah Setyo. 2016. Correlation of the teamwork ability and of students Independence with enter the workforce Readiness the Students of SMK Engineering Program computer and network in Malang. Thesis. study Program of education of informatic engineering, faculty of engineering, state university of malang. Advisor (I) Drs. Setiadi Cahyono Putro, M.Pd., M.T., (II) Drs. Puger Honggowiyono, M.T.

Keywords: teamwork Ability, students independence, enter the workforce Readiness

The reason of high number of unemployed people graduated from vocational high school(SMK) is the lack of job readiness and quality of graduate. Improving the quality of human resources as the fulfillment of the professional productive workforce needs to be balanced with adequate soft skill capability of teamwork, self-reliance makes students have the readiness to enter the world of work. This research attempts to: (1) know the level readiness entering the workforce (Y), (2) know teamwork rate ability (X1), (3) know the level of students independence (X2), (4) reveal the significance relations of X1 and Y, (5) reveal the significance relations of  X2 and Y, (6) reveal the significance relations of X1 and X2 with Y.

This research is a quantitative research using a descriptive correlational design. The population of research is 515 TKJ students grade XII in Malang with 209 student samples. Using close questionnaire to measuring every variable. Reliability score each instrument is good The every reliability instruments having a good value of with alpha X1 is 0,723, X2 is 0,726, and Y is 0,719. Data of the research also show levels at each variable: (1) Y in high category with 141 students, (2) X1 in high category with 138 students, and (3) X2 in high category with 139 students.

The analysis technique used in this study is a partial correlation analysis and multiple regressions. Result correlation of X1-Y=0.179 with significance 0,010, X2-Y=0.212 with significance 0,002 and regression correlation value of X1, X2, Y with the value of r=0.082, f=9.166 with 0.000 significance f. So the results of this study are: (1) Y in the medium level of category, (2) the level of X1 in high category, (3) the level of X2 is high, (4) there is a positive relations and significant correlation between X1 with Y, (5) there A positive and significant correlation between X2 with Y, (6) there are positive and significant correlation between X1 and X2 with Y.