SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar Elektro-Pneumatik Berbasis Proyek untuk Matakuliah Workshop PLC dan Pneumatik Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang

Enggar Nova Adhika Hikmawan

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar elektro-pneumatik berbasis proyek pada matakuliah Workshop PLC dan Pneumatik bagi mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Tujuan tersebut dilatar belakangi dari kurangnya bahan ajar yang tersedia, model pembelajaran berbasis proyek cocok digunakan pada matakuliah workshop PLC dan Pneumatik, bahan ajar yang dikembangkan sesuai dengan Kurikulum S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang tahun 2014, serta hasil observasi di toko buku yaitu buku yang tersedia membahas tentang kendali pneumatik murni tidak spesifik ke elektro-pneumatik dan tidak disertai proyek-proyek yang mendukung praktikum. Hasil wawancara dengan dosen pengampu dan mahasiswa diketahui bahwa pembelajaran elektro-pneumatik saat ini mengalami kurangnya pembahasan yang spesifik tentang kendali elektro-pneumatik karena matakuliah Workshop PLC dan Pneumatik tergolong matakuliah baru dan pembelajaran yang dilakukan selama ini lebih mengarah ke pemrograman PLC.

Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model Dick and Carey yang terdiri dari 10 (sepuluh) langkah. Langkah-langkah pengembangan ini antara lain: (1) mengidentifikasi tujuan pembelajaran, (2) melakukan analisis pembelajaran, (3) mengidentifikasi tingkah laku dan karakteristik pebelajar, (4) merumuskan tujuan performa, (5) mengembangkan butir tes acuan, (6) mengembangkan strategi pembelajaran, (7) mengembangkan materi pembelajaran, (8) merancang dan melaksanakan evaluasi formatif, (9) revisi produk, dan (10) evaluasi sumatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini berupa angket yang diberikan kepada review ahli, uji coba perseorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan berupa hasil tanggapan dari bahan ajar yang dikembangkan.

Buku ajar ini telah divalidasi oleh review ahli serta telah diuji cobakan kepada mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang melalui uji kelayakan dan uji keefektifan. Kelayakan bahan ajar diketahui berdasarkan hasil angket. Hasil angket reviewer ahli memperoleh skor 89,32 % (sangat valid), uji coba perseorangan mendapatkan skor 85,33 % (sangat valid), uji coba kelompok kecil memperoleh skor 80,21 % (cukup valid), dan uji coba lapangan memperoleh skor 86,13 % (sangat valid). Berdasarkan skor tersebut, bahan ajar dinyatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran. Keefektifan bahan ajar dapat diketahui berdasarkan hasil belajar mahasiswa. Rata-rata hasil belajar mahasiswa adalah  88,81 yang menyatakan bahan ajar efektif untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.