SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Aplikasi untuk Mengukur Derajat Kelengkungan Tulang Belakang Bagi Penderita Skoliosis

Chandra Annisa

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

ABSTRAK

Annisa, Chandra. 2016. Pengembangan Aplikasi untuk Mengukur Derajat Kelengkungan Tulang Belakang Bagi Penderita Skoliosis. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Heru Wahyu Herwanto S.T., M.T. (II) I Made Wirawan S.T., S.S.T., M.T.

Kata Kunci: Pengembangan, Aplikasi Dekstop, Pengolahan Citra, Skoliosis.

Skoliosis merupakan gangguan kesehatan yang menyebabkan kebengkokan pada tulang belakang ke kanan atau ke kiri. Efek samping dari kemiringan ini adalah gangguan pada pernafasan, pencernaan, dan kardiovaskular. Untuk mengetahui tingkat keparahan dari gangguan ini dilakukan pemerikasaan oleh dokter orthopedi secara manual dengan menggunakan metode Cobb yang diaplikasikan pada hasil foto rontgen. Sehingga biaya yang dikeluarkan untuk pemeriksaan tidak sedikit. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan sebuah aplikasi yang dapat memudahkan serta mengurangi biaya dalam pengukuran derajat pengukuran kelengkungan tulang belakang.

Pengembangan aplikasi ini menggunakan metode waterfall dan memanfaatkan pengolahan citra (metode transformasi lingkaran Hough) sebagai pemrosesannya. Aplikasi ini tidak memerlukan foto rontgen dalam melakukan perhitungan. Sebagai gantinya digunakan foto punggung yang telah diberi lingkaran bantu untuk merepresentasikan posisi ruas tulang belakang. Jenis uji coba yang digunakan adalah white box untuk menguji usabilitas dan black box untuk menguji fungsionalitas sistem. Subjek coba dalam penelitian ini adalah orang dengan skoliosis untuk melihat keakuratan hasil perhitungan.

Hasil pengembangan ini berupa aplikasi Skolio Degree yang dijalankan pada perangkat komputer. Keluaran dari aplikasi ini berupa derajat kebengkokan tulang belakang beserta jenis dan arah kebengkokan serta informasi dari hasil perhitungan. Aplikasi ini dapat berjalan dengan baik berdasarkan pada pengujian fungsionalitas yang dilakukan kepada ahli dan pengguna. Pengujian funsionalitas pada aplikasi ini mencakup performa aplikasi pada tiap halamannya serta keluaran hasil perhitungan. Keakuratan perhitungan pada aplikasi ini mencapai 89,38% bila di bandingkan dengan peritungan manual menggunakan metode Cobb dan foto rontgen. Sehingga aplikasi ini layak digunakan untuk pendeteksi awal perhitungan kelengkungan tulang belakangan bagai penderita skoliosis.