SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web dalam Pembelajaran Proteksi Jaringan Tegangan Menengah pada Mata Kuliah Sistem Transmisi dan Distribusi pada Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang

made bagus muhammad musyafir

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

Musyafir, Made Bagus M. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web dalam Pembelajaran Proteksi Jaringan Tegangan Menengah pada Mata Kuliah Sistem Transmisi dan Distribusi pada Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Proposal Skripsi, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr.Ir.H.Syaad Patmanthara,M.Pd. (2) Yuni Rahmawati,S.T.,M.T.

Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Web, Proteksi Jaringan Tegangan Menengah

Berdasarkan kegiatan observasi yang telah dilakukan telah diketahui permasalahan yang umumnya ada pada mata kuliah Sistem Transmisi dan Distribusi di Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang yaitu kurangnya sumber referensi atau media sebagai bahan ajar yang lebih efektif, inovatif dan menarik serta mengikuti perkembangan jaman. Maka dari itu diadakan penelitian ini untuk mengetahui apakah perlu adanya pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website dalam Pembelajaran Proteksi Jaringan Tegangan Menengah pada Mata Kuliah Sistem Transmisi dan Distribusi di Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang.

Pengembangan ini bertujuan untuk: (1) merancang media pembelajaran Proteksi Jaringan Listrik Tegangan Menengah berbasis website pada mata kuliah Sistem Transmisi dan Distribusi di Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang; (2) mengembangkan media pembelajaran Proteksi Jaringan Listrik Tegangan Menengah berbasis website pada mata kuliah Sistem Transmisi dan Distribusi di Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang; (3) menguji tingkat kelayakan media pembelajaran Proteksi Jaringan Listrik Tegangan Menengah berbasis website pada mata kuliah Sistem Transmisi dan Distribusi di Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang.

 Prosedur penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah pengembangan ADDIE. Prosedur penelitian ADDIE pada penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) analyze, (2) design, (3) develop, (4) implement (5) evaluate. Hasil dari penelitian ini yaitu berupa website untuk materi Proteksi Jaringan Tegangan Menengah yang terdapat pada mata kuliah Sistem Transmisi dan Distribusi.

 Hasil dari penelitian berupa media pembelajaran berbasis web yang telah dikembangkan dan divalidasi oleh validasi ahli materi yang menyatakan media pembelajaran berbasis web 81.94% valid, validasi ahli media menyatakan media pembelajaran berbasis web 89.28% sangat valid, uji coba kelompok kecil menyatakan media pembelajaran berbasis web 83.75% valid dan uji coba kelompok besar menyatakan media pembelajaran berbasis web 88.11% sangat valid.

Berdasarkan persentase tersebut, media pembelajaran berbasis web dalam Pembelajaran Proteksi Jaringan Tegangan Menengah untuk mata kuliah Sistem Transmisi dan Distribusi ini layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran pada mata kuliah Sistem Transmisi dan Distribusi di Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang