SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pemenuhan Kebutuhan Peserta Didik Kaitannya Dengan Hasil Belajar Siswa Program Keahlian Multimedia Di SMK Se-Kabupaten Trenggalek

Septania Wanda Wijaya

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

Berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Maslow, terdapat delapan jenis kebutuhan individu yaitu (1) kebutuhan fisiologis; (2) kebutuhan rasa aman; (3) kebutuhan rasa memiliki dan kasih sayang; (4) kebutuhan penghargaan; (5) kebutuhan rasa ingin tahu; (6) kebutuhan estetika; (7) kebutuhan pertumbuhan; dan (8) kebutuhan aktualisasi diri. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan keadaan pemenuhan kebutuhan peserta didik di lembaga pendidikan dan untuk mengetahui pemenuhan kebutuhan peserta didik kaitannya dengan hasil belajar peserta didik.

Penelitian  ini dilakukan di SMK se Kabupaten Trenggalek dengan fokus Program Keahlian Multimedia yang menerapkan kurikulum 2013 yaitu SMK Negeri 1 Trenggalek, SMK Negeri 1 Pogalan, dan SMK Islam 1 Durenan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Peneliti bertindak sebagai observer dengan mengambil data dari Kepala Program Keahlian Multimedia dan pengakuan peserta didik Multimedia. Analisis data dilakukan dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas yang dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi.

Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pemenuhan kebutuhan peserta didik di SMK Negeri 1 Trenggalek yang sudah terpenuhi yaitu kebutuhan penghargaan, kebutuhan estetika, dan kebutuhan pertumbuhan; (2) Pemenuhan kebutuhan peserta didik di SMK Negeri yang sudah terpenuhi yaitu kebutuhan penghargaan, kebutuhan estetika, dan kebutuhan pertumbuhan; (3) Pemenuhan kebutuhan peserta didik di SMK Islam 1 Durenan yang sudah terpenuhi yaitu kebutuhan rasa memiliki dan kasih sayang, kebutuhan penghargaan, kebutuhan estetika, dan kebutuhan pertumbuhan; (4) Pemenuhan kebutuhan peserta didik memiliki kaitan dengan hasil belajar peserta didik. Semakin baik pemenuhan kebutuhan maka hasil belajar juga semakin baik.