SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Komunikasi Data Kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan di SMKN 1 Udanawu Blitar

Wahyu Satria Prabowo

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

Berdasarkan hasil observasi dan pengalaman mengajar pada saat PPL di SMK Negeri 1 Udanawu Kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan pada Mata Pelajaran Komunikasi Data, guru mengalami kesulitan dalam menyampaikan materinya. Hal ini didukung juga belum adanya media yang sesuai dalam proses pembelajaran. Siswa merasa kesulitan dalam mencari informasi dan membutuhkan sumber belajar sebagai panduan untuk memahami isi materi tersebut. Selain itu guru juga belum memiliki waktu untuk membuat alat peraga atau media pembelajaran. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah mengembangkan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran komunikasi data untuk siswa SMKN 1 Udanawu kelas XI Semester 1 sebagai sumber belajar mandiri dengan mengemas materi, animasi dan contoh bagaimana proses komunikasi data dalam media pembelajaran dengan melibatkan adanya interaksi antara media pembelajaran dan pengguna atau siswa.

Pengembangan media pembelajaran interaktif ini menggunakan model penelitian dan pengembangan ADDIE. Tahapan-tahapan yang dilakukan meliputi(1) tahap analisa (Analysis), (2) tahap desain/perancangan (Design), (3) tahap pengembangan (Development), (4) tahap implementasi (Implementation), dan (5) tahap evaluasi (Evaluation).Tahap uji coba produk yang dilakukan dalam penelitian ini sebelumnya harus divalidasi oleh ahli materi dan ahli media yang memang ahli dalam bidangnya, selanjutnya dilakukan tahap ujicoba yang terbagi menjadi 3 tahapan yaitu, tahap uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil,dan uji coba kelompok besar.

Hasil dari penelitian dan pengembangan ini yaitu, (1) produk berupa media pembelajaran interaktif mata pelajaran komunikasi data, (2) hasil persentase validitas oleh ahli media sebesar 94,5%, (3) hasil persentase validitas oleh ahli materis ebesar 97,6%, (4) hasil persentase uji coba perorangan sebesar 88,9%, (5) hasil persentase uji coba kelompok kecil sebesar 90,7%, dan (6) hasil persentase uji coba kelompok besar sebesar 91,5%. Dengan  demikian dapat disimpulkan bahwa, media pembelajaran interaktif mata pelajaran komunikasi data kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan layak digunakan dalam proses pembelajaran.