SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Implementasi Sistem Informasi Manajemen guna Mendukung Ketercapian Standar Pendidikan di SMK Negeri Kabupaten Pasuruan

Sannia Maydewanti Ariantika

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

Kemajuan ilmu dan teknologi informasi telah banyak mengubah cara pandang dan gaya hidup masyarakat Indonesia dalam  menjalankan kegiatannya. Keberadaan dan peranan teknologi informasi dalam sistem pendidikan telah membawa era baru dalam perkembangan dunia pendidikan. Era baru dalam dunia pendidikan tersebut terwujud dalam program Sistem Informasi Manajemen (SIM). Sistem Informasi Manajemen merupakan sebuah sistem yang memproduksi informasi yang berguna bagi upaya atau kegiatan manajemen yang efektif agar dapat mempelancar manajemen dalam mencapai tujuan organisasi. Dalam Peraturan Pemerintah nomer 13 tahun 2015 tentang Standart Nasional Pendidikan merupakan penjabaran dari Undang-Undang nomer 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Standar Nasional Pendidikan itu sendiri terdiri dari 8 Standar yaitu: (1) Standart Kompetensi Lulusan, (2) Standart Isi, (3) Standart Proses, (4) Standart Pendidikan dan Tenaga Pendidik, (5) Standart Srana dan Prasarana, (6) Standart Pengolahan, (7) Standart Pembiayaan Pendidikan dan (8) Standart Penilaian Pendidikan.

Dalampenelitianini, menggunakan model penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dirancang untuk memperoleh informasi tentang suatu kondisi atau fakta di dunia pendidikan khususnya tentang implementasi sitem informasi manajemen guna mendukung ketercapaian standar pendidikan di SMK Negeri Kabupaten Pasuruan. Populasi dan sampel dari peneltian ini adalah guru dan tatausaha (TU) di SMK Negeri Kabupaten Pasuruan dengan populasi 463 dan didapat sampel yaitu 163  responden. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah simple random sampling.Prosedur pengumpulan data dengan penyebaran kuisioner. Serta teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan analisis deskriptif presentasi.

Dari hasil penelitian ini dapat diambil kes impulan bahwa:  (1) Tingkat implementasisistem informasi manajemen untuk mendukung ketercapaian standar proses di SMK Kabupaten Pasuruan memperoleh skor presentase 61% dan termasuk dalam katagori “sangat baik”, (2) Tingkat implementasi sistem informasi manajemen untuk mendukung ketercapaian standar pendidik dan tenaga pendidik di SMK Kabupaten Pasuruan memperoleh skor presentase57% dan termasuk dalam katagori “sangat baik”, (3) Tingkat implementasi sistem informasi manajemen untuk mendukung ketercapaian standar sarana dan prasarana di SMK Kabupaten Pasuruan memperoleh skor presentase 58% dan termasuk dalam katagori “sangatbaik”, (4) Tingkat implementasi sistem informasi manajemen untuk mendukung ketercapaian standar pembiayaan di SMK Kabupaten Pasuruan memperoleh skor presentase 53% dan termasuk dalam katagori “sangat baik”.