SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Aplikasi NetOp School sebagai sarana belajar mengajar pada SMK Qomarul Hidayah 1 Tugu - Trenggalek

Mamik Handayani

Abstrak


ABSTRAK

 

Handayani Mamik 2009.  Aplikasi NetOp School sebagai Sarana Belajar Mengajar Siswa di SMK Qomarul Hidayah 1 Tugu – Trenggalek. Tugas Akhir, Jurusan Teknik Elektronika, ProgramPendidikan D-III Teknisi Komputer dan Jaringan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing I: Dyah Lestari, S.T., M.Eng Dosen Pembimbing II: M.Rodhi Faiz.,S.T.,M.T.,

Kata Kunci : Laboratorium komputer, Netop School

Laboratorium komputer telah berkembang dari hanya digunakan  sebagai tempat pelatihan komputer menjadi ruang kelas bagi semua mata pelajaran. Laboratorium komputer bisa menjadi laboratorium bahasa, baik bahasa Indonesia maupun laboratorium bahasa inggris. Selain itu, saat ini berkembang metode pembelajaran multimedia interaktif  yang mampu membantu meningkatkan pemahaman siswa terhadap suatu materi.  Saat ini guru tidak lagi di posisikan sebagai posisi sentral dalam proses pembelajaran, siswa dapat mengexplorasi pengetahuan dengan mempelajari langsung dari sumber-sumber yang lain, salah satunya dengan menggunakan komputer yang di isi dengan materi pembelajaran multimedia interaktif dan terhubung dengan jaringan. 

Laboratorium komputer bisa juga di fungsikan sebagai self acces room, dimana fugsinya adalah sebagai pusat belajar mandiri siswa, siswa dapat mengexplor segala hal yang ada di ruang tersebut, dimana self acces room itu sendiri memiliki fasilitas-fasilitas antara lain seperangkat komputer multimedia, materi pembelajaran interaktif, multimedia pembelajaran dan semua hal yang bisa mendukung siswa untuk menambah ilmu.

Di sisi yang lain, penggunaan komputer oleh siswa yang tidak diawasi oleh guru bisa berakibat fatal. Bisa jadi komputer tersebut di gunakan untuk hal-hal yang tidak semestinya, misalnya bermain game, mendengarkan musik/video yang tidak semestinya, browsing website yang tidak tepat dan banyak hal lainnya. Oleh karena itu harus ada sebuah cara supaya guru bisa memonitor komputer yang sedang digunakan siswa secara langsung dan tanpa siswa merasa terganggu.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu adanya suatu program yaitu Netop School agar guru dapat memantau aktivitas siswa serta dapat digunakan sebagai program pendukung pembelajaran.


Teks Penuh: DOC PDF