SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

MEMBUAT PROXY SERVER BERBASIS MIKROTIK DI SMK NEGERI 1 BAURENO

Rahma Adityapuspita Sari

Abstrak


ABSTRAK

 

Aditya Puspita Sari, Rahma. 2009. Membuat Proxy Server Berbais Mikrotik di SMK Negeri 1 Baureno. Tugas Akhir Program Studi Tekhnik Elektro, Program Ahli Madya, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (Heru Wahyu Herwanto, S.T., M.Kom dan Yuni Rahmawati, S.T., M.T)

 

Kata Kunci : mikrotik router, internet, proxy server

 

Perkembangan internet saat ini sangat pesat sekali baik untuk mencari informasi, artikel, pengetahuan terbaru atau sebagai media pembelajaran online. Seiring dengan kemajuan tekhnologi sekarang ini, hendaknya tiap sekolah memiliki sarana untuk mendapatkan berbagai informasi. Khususnya bagi SMK Negeri 1 Baureno adalah salah satu SMK kejuruan yang mempunyai program keahlian teknik komputer jaringan yang mana akses internet sangat dibutuhkan. Maka dari itu dibuat jaringan internet yang dapat memenuhi fasilitas yang lebih memadai, dengan cara mengoptimalkan membuat proxy server. Dengan adanya internet guru dan siswa dapat memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan yang baru, serta sistem pengajaran yang ada di SMK Negeri 1 Baureno khusunya di program keahlian teknik komputer jaringan.

Langkah yang di tempuh dalam mengoptimalkan internet adalah membuat proxy server dengan menggunakan system operasi mikrotik, dan mengkonfigurasi semua komputer yang ada di laboratorium komputer SMK Negeri 1 Baureno. Agar semua komputer yang ada dapat menggunakan proxy sebagai penyimpan chace yang nantinya dapat menyimpan chace yang baru di download oleh komputer client, dan nantinya di saat komputer client itu mencari alamat yang sudah pernah di buka maka secara otomatis proxy server sudah menyediakan, maka browsing internet lebih ringan.

Dalam pengembangan sistem jaringan ini dibahas lebih rinci bagaimana cara membuat proxy server mikrotik. Langkah pertama dengan menyediakan komputer yang sekiranya bagus. Memasangan dengan dua NIC (Network Interfaace Card) yang nantinya digunakan sebagai jalan masuk dan keluarnya data dengan menggunakan media transmisi kabel UTP (Unshielded Twisted Pair). Dan untuk interface yang kedua digunakan sebagai jaluar hotspot dengan menggunakan wireless router Blue-Link. Dalam pembuatan proxy server mikrotik juga di fungsikan sebagai block situs, untuk memblock situs-situs tertentu yang sekiranya dapat merugikan orang lain dan diri sendiri.

Kesimpulan yang dapat diambil dari pembuatan dan hasil pengujian adalah dengan adanya proxy server mikrotik yang ada di laboratorium SMK Negeri 1 Baureno sangat membantu mengoptimalkan browsing internet pada semua komputer client yang terhubung ke internet. Jadi apa bila jaringan internet terjadi trober maka proxy server dapat membantu client mengatasi permasalahan terutama dalam browsing. Proxy server juga di gunakan dalam block situs yang nantinya dapat berfungsi sebagai pembatas siswa dalam mengakses situs-situs terlarang.

                                                 

 


Teks Penuh: DOC PDF