SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

MEMBANGUN PC ROUTER BERBASIS LINUX MANDRIVA DI UPT SDN MANDARANREJO I KOTA PASURUAN

Dewi Masita

Abstrak


ABSTRAK

Masita, Dewi. 2009. Membangun Router Berbasis Linux Mandriva di UPT SD Negeri Mandaranrejo 1 Kota Pasuruan. Tugas Akhir, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Suwasono, M.T (II) Hakkun Elmunsyah, S.T., M.T.

 

Kata kunci: jaringan, router, linux mandriva, DHCP server

 

Dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat, komputer dan internet semakin marak dimasukkan sebagai bagian dari mata pelajaran di sekolah. Untuk itu diperlukan jaringan lokal dan koneksi internet yang handal. Tugas akhir ini bertujuan untuk merancang, membangun dan menguji PC Router Berbasis Linux Mandriva serta merancang, membangun dan menguji jaringan lokal yang terhubung ke PC Router di UPT SDN Mandaranrejo 1 Kota Pasuruan  yang diharapkan dapat menunjang dunia pendidikan. Upaya untuk menanggulanginya agar dapat menghubungkan jaringan lokal tersebut dibuat sebuah PC router berbasis Linux Mandriva sebagai alternatif pengganti dedicated router yang sangat mahal.

Pada perancangan dan pembuatan PC-router berbasis linux mandriva ini dimulai dengan instalasi sistem operasi linux mandriva, dilanjutkan dengan konfigurasi ethernet, konfigurasi IP forward, konfigurasi NAT (Network Address Translation), kemudian konfigurasi DHCP (Dinamic Host Configuration Protocol) server. Metode yang digunakan untuk mengetahui koneksi jaringan adalah menggunakan tes ping pada masing-masing klien dan untuk membuktikan koneksinya dilakukan browsing ke internet.

Dari hasil perancangan, pembuatan dan pengujian menunjukkan bahwa jaringan lokal, koneksi antara PC Router dengan masing-masing klien terhubung dengan baik dan benar sesuai dengan masing-masing paket yaitu yang terkirim sebanyak 4, yang diterima sebanyak 4, dan yang hilang sebanyak 0 dengan replay time masing-masing


Teks Penuh: DOC PDF