SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Membangun sistem keamanan dan monitoring akses internet SMK NEGERI 4 MALANG.

Aan Andreas .

Abstrak


ABSTRAK

 

Andreas, Aan. 2009. Membangun sistem keamanan dan monitoring akses internet SMK NEGERI 4 MALANG. Tugas Akhir, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing Hary Suswanto, S.T., M.T.

 

Kata Kunci: Membangun PC, Router pfSense 1.2 - Release

 

                 Pengembangan jaringan komputer dalam akses internet merupakan persoalan yang sangat penting sekali di dalam dunia pendidikan saat ini. Hal ini diperlukan karena semakin berkembangnya dunia teknologi di dalam pendidikan sebagai sarana pendukung dalam proses belajar mengajar. Dengan adanya fasilitas internet di SMK NEGERI 4 Malang sebagai salah satu sarana Proses Belajar Mengajar (PBM), penggunaan koneksi internet akan dibatasi. Pada saat PBM khususnya mata pelajaran komputer yang tidak memerlukan koneksi internet, maka koneksi internet akan diblokir, akan tetapi apabila KBM yang membutuhkan koneksi internet untuk mencari literatur dari internet, maka koneksi internet diaktifkan kembali.

                 Metode yang digunakan oleh penulis untuk pengembangan jaringan komputer di SMK NEGERI 4 Malang dengan pembuatan PC router berbasis pfSense 1.2 - Release. Dengan memanfatkan fasilitas yang ada pada PC router pfSense ini, seorang admin jaringan atau pengajar dapat memantau segala aktivitas PC client dan memonitoring trafik untuk melihat berapa banyak paket-paket yang dilewatkan pada PC Router serta dapat membatasi akses internet yang bebas dan konten yang dilarang akses PC Client sehingga menghindari hal-hal yang menganggu jalannya proses pembelajaran.

Selama Proses KBM berjalan, khususnya pada saat Mata Pelajaran komputer yang menggunakan laboratorium komputer untuk praktek siswa, maka harus ada yang memantau segala aktivitas yang berhubungan dengan penggunaan komputer, khususnya penggunaan akses internet. Pada saat guru menerangkan mata pelajaran yang disampaikan, ada beberapa siswa sering kali tidak memperhatikan guru pada saat menjelaskan pelajaran. Siswa sering membuka internet tanpa sepengetahuan guru. Hal ini tentu akan membawa dampak yang sangat buruk terhadap siswa, yaitu akan mengurangi konsentrasi belajar siswa. Selain itu juga akan membawa dampak bagi siswa lain yang tertarik dengan mengakses internet daripada memperhatikan guru yang sedang menerangakan mata pelajaran. Hal ini akan berdampak pada nilai yang didapat oleh siswa. Maka dari itu, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan harus ada pemantauan segala aktivitas PC Client khususnya di dalam akses internet.

                 Harapan penulis adalah semoga dengan terbangunnya PC router yang ada di SMK Negeri 4 Malang, pemakaian akses internet bisa difungsikan sesuai dengan kebutuhan yang ada. Tanpa menggangu proses KBM yang ada.


Teks Penuh: DOC PDF