SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Sistem Informasi Database Siswa SMK Dirgahayu Kedungadem Bojonegoro Berbasis Client Server

Purwati .

Abstrak


Purwati. 2010. Pembuatan Sistem Informasi Database Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Dirgahayu Kedungadem Bojonegoro Berbasis Client-Server. Proyek Akhir. Jurusan Teknisi Komputer Jaringan. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I)Dyah Lestari, S.T., M.Eng. 

Pembimbing : (II) Ahmad Fahmi, S.T.,M.T.

 

Kata Kunci: Database, Sistem Informasi,

 

Sistem informasi database siswa khususnya sekolah menengah kejuruan umumnya masih  berupa nominatif dalam bentuk selembar kertas atau pembagian raport pada semester, dengan menggunakan sistem manual permasalahan banyak muncul seperti kurang cepatnya penyebaran informasi data siswa, pada  saat pendaftaran hasil nilai siswa di akhir semester, pengembalian hasil nilai akhir semester pada wali siswa. Untuk itu perlu adanya suatu sistem yang dapat mengatasi permasalahan  tersebut, salah satu metode yang penulis tawarkan adalah dengan merancang Informasi Database Siswa berbasis Client  Server sehingga dapat memberikan kemudahan bagi siswa yang menghendaki pengaksesan di jaringan sekolah.

Sistem akses data siswa  terdiri dari dua unit utama yaitu  unit sentral yang terdiri dari komputer, jaringan sebagai penghubung komputer server ke komputer client. Client berfungsi sebagai pengambil informasi dari komputer server. Unit kedua Software merupakan penghubung perangkat keras komputer yang satu dengan yang lainnya sehingga membentuk suatu perintah yang dapat menghasilkan suatu keluaran (output), Software pemograman yang digunakan PHP dan MySQL sebagai pengolah database.

Hasil pengujian sistem menunjukkan bahwa Sistem Informasi Database yang telah dishare dari komputer server dapat berjalan menampilkan database siswa di komputer client, dan sudah diterapkan di tempat penelitian,dari pengunjung sistem informasi yang menyatakan sistem informasi tersebut memudahkan dalam pencarian informasi database siswa.


Teks Penuh: DOC PDF