SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

MEMBANGUN DAN MENGIMPLEMENTASIKAN JARINGAN INTERNET SERTA SERVER PROXY CLARK CONNECT DI SMP NEGERI 1 BALEN KABUPATEN BOJONEGORO

Kastawi Kastawi

Abstrak


ABSTRAK

 

Winarno, Eko, dan Kastawi. 2009. Membangun dan Mengimplementasikan Jaringan Internet dan Server Proxy Clark Connect di SMP Negeri 1 Balen. Tugas Akhir Program Studi Tekhnik Elektro, Program Ahli Madya, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (Hakkun Elmunsyah, ST., MT. dan Drs. Slamet Wibawanto, MT.)

 

Kata Kunci : Proxy, Jaringan, Clark Connect

                                                                                                      

Salah satu cara yang dapat ditempuh guna meningkatkan pengembangan di dunia pendidikan adalah dengan memperkenalkan teknologi informasi sejak dini, khususnya teknologi jaringan komputer. Seiring dengan kemajuan teknologi sekarang ini, hendaknya tiap sekolah memiliki sarana untuk mendapatkan berbagai informasi. Khususnya bagi SMP Negeri 1 Balen adalah salah satu Sekolah Menengah Tingkat Pertama yang sangat memerlukan akses internet dalam kegiatan belajar mengajar. Maka dari itu penulis membuat jaringan internet yang dapat memenuhi fasilitas yang lebih memadai, dengan cara mengoptimalkan membuat proxy server. Dengan adanya internet guru dan siswa dapat memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan yang baru, serta sistem pengajaran yang ada di SMP Negeri 1 Balen.

Langkah pertama membuat Server Proxy Clark Connect adalah menyediakan komputer dengan spesifikasi Processor 1.7 Ghz Pentium 4, memory minimal 128 GB, harddisk minimal 10 GB, 2 buah Land Card, Keyboard dan CD-ROM serta menyiapkan software instalasi Clark Connect. Selanjutnya memasang dua NIC (Network Interfaace Card) yang nantinya berfungsi sebagai input dan Out put data dengan menggunakan media transmisi kabel UTP (Unshielded Twisted Pair).

Kesimpulan yang dapat diambil dari pembuatan dan hasil pengujian adalah (1) Server proxy Clark Connect yang ada di laboratorium SMP Negeri 1 Balen dapat mengoptimalkan browsing internet pada semua komputer client yang terhubung ke internet; (2) Selain itu dapat digunakan untuk membatasi layanan akses ke internet terhadap situs yang mengandung unsur SARA dan  pornografi. Sehingga siswa terhindar dari pengaruh negatif yang disebabkan oleh situs-situs tersebut.


Teks Penuh: DOC PDF