SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN SISTEM PENGELOLAAN BANDWIDTH, FILTRASI AKSES, DAN PENGATURAN AKSES WIRELESS BERBASIS MIKROTIK DI SMK NEGERI 2 BOJONEGORO

Dian Lentera Buana

Abstrak


ABSTRAK

Buana, Dian Lentera dan Mutiarani, Dwi Nanti Budi. 2009. Pengembangan Sistem Pengelolaan Bandwidth, Filtrasi Akses, dan Pengaturan Akses Wireless Berbasis Mikrotik di SMK Negeri 2 Bojonegoro Tugas Akhir, Jurusan Teknisi Komputer Jaringan. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Muladi, ST.,MT., (II) Yuni Rahmawati, S.T.,M.T.

Kata Kunci : Mikrotik, pengelolaan bandwidth, akses Wireless, filtrasi akses.

Perkembangan Internet saat ini sangat pesat dalam hal mencari informasi. Seiring dengan kemajuan tersebut perlu adanya pengembangan jaringan agar guru, siswa maupun pengguna dapat dengan mudah mengakses informasi melalui Internet. Supaya terkoneksi secara optimal diperlukan suatu sistem untuk pengelolaan bandwidth, filtrasi akses dan pengaturan akses Wireless berbasis Router Mikrotik.

Mikrotik mempunyai beberapa fungsi yang dapat digunakan diantaranya pengelolaan bandwidth, filtrasi akses, dan pengaturan akses Wireless. Pengelolaan bandwidth bertujuan untuk mengoptimalkan bandwidth. Filtrasi akses bertujuan untuk memberikan batasan mengakses situs-situs yang terlarang. Dan akses Wireless bertujuan agar memberikan keamanan jaringan dari serangan hacker.

Berdasarkan hasil pengembangan jaringan diharapkan dapat memberikan solusi permasalahan dalam pengembangan sistem pengelolaan bandwidth, filtrasi akses, dan pengaturan akses Wireless berbasis RouterOS Mikrotik sehingga berguna bagi guru, siswa maupun pengguna jaringan Internet.

 

 

 

 

 

 

 

 


Teks Penuh: DOC PDF