SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

MEMBANGUN WEBSITE SMK AL-AZHAR MENGANTI GRESIK MENGGUNAKAN CMS JOOMLA DENGAN MEMANFAATKAN DOMAIN DAN HOSTING GRATIS

Syukron Ma'mun

Abstrak


ABSTRAK

Ma'mun, Syukron. 2009. Membangun  website  SMK  Al-Azhar   Menganti Gresik Menggunakan    CMS   Joomla    dengan    memanfaatkan  domain dan hosting gratis. Tugas Akhir, Jurusan Teknik Elektro D3 TKJ, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Puger Honggowiyono, M.T. dan  Ilham Ari Elbaith Zaini, S.T.

 

Kata Kunci : Website, CMS Joomla, Domain, Hosting, membuat website.

 

            Semakin berkembangnya teknologi zaman sekarang, maka akan bertambah canggih juga dalam hal penyebaran informasi, khususnya melalui media website. Dalam hal ini, kebutuhan website hampir dikatakan suatu kebutuhan yang penting, karena keefektifan waktu yang digunakan sampai manfaat yang dirasakan sangat besar.
Terkait dengan hal tersebut di atas, maka SMK Al - Azhar Menganti Gresik perlu mengembangkan cara penyebaran informasinya. Untuk itu perlu dikembangkan suatu sistem yang berfungsi sebagai alat bantu untuk memberikan informasi yang lengkap mengenai profil sekolah, visi dan misi, kegiatan sekolah, berita-berita terbaru mengenai sekolah, dan lain - lain yang diwujudkan dalam website sekolah, sehingga dapat memberikan informasi secara cepat, lengkap dan akurat mengenai SMK Al - Azhar Menganti Gresik. Sistem ini adalah sistem berbasis web dinamis yang dibuat dengan alat bantu menggunakan Joomla sebagai database-nya dan pemanfaatan jaringan internet sebagai pengakses website. Dengan berbasis web, akan memungkinkan pengoperasian sistem ini dengan multiuser, agar  peyebaran informasi dapat lebih efisiensi, tepat, cepat dan akurat.

            Pembangunan website SMK Al-Azhar Menganti Gresik ini dilakukan di laboratorium KKPI SMK Al-Azhar Menganti Gresik dengan beberapa tahap, yaitu (1) tahap pendaftaran domain gratis di joomla.org. (2) tahap pendaftaran hosting gratis di wordpress.org (3) tahap Konfigurasi Domain dan Hosting. (4) tahap Konfigurasi Website SMK Al-Azhar Menganti Gresik. dan (5) adalah tahap Proses pemasukan data-data yang diperlukan.

            Hasil pembangunan website SMK Al-Azhar Menganti Gresik ini menunjukkan bahwa hanya dengan biaya yang relatif kecil, yaitu hanya biaya pemakaian internet saja dengan memanfaatkan domain dan hosting gratis serta tanpa harus mengerti lebih jauh mengenai bahasa pemrograman website, setiap orang bisa membangun sebuah website yang dinamis.

            Berdasarkan hasil pembangunan ini, dapat disarankan agar dilakukan pengembangan lebih lanjut misalnya telah menggunakan domain khusus untuk sekolah yaitu sch.id, menggunakan hosting yang lebih handal dan lebih lengkap fasiltasnya. Dari segi penambahan informasi yang lebih lengkap tentang sekolah dan dari segi tampilan yang lebih mearik. Dengan adanya hal tersebut maka akan memberikan peluang atau kesempatan bagi pengembang sistem untuk melakukan pengembangan sistem lanjutan menuju ke arah yang lebih baik.

 


Teks Penuh: DOC PDF