SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Antara Kompetensi Guru dan Ketersediaan Sarana Prasarana Belajar dengan Sikap Beretika TIK Siswa Pada Kelas XII Program Keahlian TKJ di SMKN 6 Malang

Dewi Susiana .

Abstrak


ABSTRAK
 
 
Susiana, Dewi.  2009. Hubungan Antara Kompetensi Guru  dan Ketersediaan  Sarana Prasarana Belajar  dengan  Sikap  Beretika  TIK  Siswa  Pada  Kelas  XII  Program  Keahlian  TKJ  di SMKN 6 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing:  (1) Drs. Setiadi C.P.,
M.T., M.Pd., (II) Drs. Wahyu Sakti G.I., M.Kom.
 
Kata kunci: sikap beretika TIK, kompetensi guru, ketersediaan sarana prasarana.
 
    Sikap  beretika  TIK  siswa  merupakan  pemahaman,  perasaan  dan    kecenderungan bertindak  dari  dalam    siswa  terhadap  komponen-komponen  etika  dalam  penggunaan  teknologi
informasi dan komunikasi. Guru adalah salah satu pihak yang mempunyai peranan penting dalam memberikan pengetahuan, nilai/sikap dan ketrampilan kepada siswa-siswinya. Ketersediaan sarana prasarana TIK merupakan  tersedianya  fasilitas  yang meliputi  semua peralatan dan perlengkapan yang  secara  langsung  dan  tidak  langsung  dapat menunjang  belajar  TIK  secara  umum  dan  TKJ khususnya baik di  sekolah maupun di  luar  sekolah yang  sesuai dengan kurikulum dalam  standar nasional pendidikan (komputer dan internet).    
    Penelitian  ini  bertujuan  untuk  (1)  Mendeskripsikan  kompetensi  guru  TIK    kelas  XII program  keahlian TKJ  di SMKN  6 Malang,  (2) Mendeskripsikan  ketersediaan  sarana  prasarana belajar TIK pada kelas XII program keahlian TKJ di SMKN 6 Malang, (3) endeskripsikan sikap beretika TIK  siswa pada kelas XII program keahlian TKJ di SMKN 6 Malang,  (4) Mengungkap hubungan  antara  kompetensi  guru  dengan  sikap  beretika TIK  siswa  kelas XII program  keahlian
TKJ di SMKN 6 Malang, (5) Mengungkap  hubungan antara ketersediaan sarana prasarana belajar TIK dengan sikap beretika TIK siswa kelas XII program keahlian TKJ di SMKN 6 Malang, dan
(6) Mengungkap hubungan antara kompetensi guru dan ketersediaan sarana prasarana belajar TIK secara  simultan  dengan  sikap  beretika TIK  siswa  kelas XII  program  keahlian TKJ  di  SMKN  6
Malang.
Objek  penelitian  adalah  siswa  kelas  XII  program  keahlian  TKJ  di  SMKN  6  Malang sejumlah  113  siswa  dari  174  siswa.  Dengan  menggunakan  teknik  pengambilan  sampel  yaitu proporsional  random  sampling.  Pengumpulan  data  dilakukan  dengan  menggunakan  metode angket.  Analisis  diperoleh  dengan  menggunakan  teknik  regresi  ganda,  yaitu  untuk  mengetahui
besarnya Hubungan Kompetensi Guru  (X1) dan Ketersediaan Sarana Prasarana TIK  (X2) dengan Sikap  Beretika  TIK  Siswa  (Y)  Pada  Kelas  XII  Program  Keahlian  TKJ  di  SMKN  6  Malang.
Analisis data dilakukan dengan bantuan perangkat lunak SPSS for Windows release 17.
Hasil  penelitian  ini  adalah  (1)  Kompetensi  guru  kelas  XII  program  keahlian  TKJ  di SMKN 6 Malang berada dalam kategori tinggi sebesar 48,57%, (2) Ketersediaan sarana prasarana
belajar kelas XII program keahlian TKJ di SMKN 6 berada dalam kategori sedang sebesar 46,9% dan (3) Sikap beretika TIK siswa pada kelas XII program keahlian TKJ di SMKN 6 berada dalam kategori sedang sebesar 39.82%.
Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Kompetensi guru kelas XII program keahlian TKJ di SMKN 6 Malang berada dalam kategori tinggi, (2) Ketersediaan sarana prasarana belajar kelas XII program keahlian TKJ di SMKN 6 Malang berada dalam kategori sedang, (3) Sikap beretika TIK siswa pada kelas XII program keahlian TKJ di SMKN 6 Malang berada dalam kategori sedang, (4) Ada  hubungan  positif  antara  kompetensi  guru  dengan  sikap  beretika TIK  siswa  pada  kelas XII program keahlian TKJ di SMKN 6 Malang,  (5) Ada hubungan positif antara ketersediaan sarana prasarana belajar dengan sikap beretika TIK siswa pada kelas XII program keahlian TKJ di SMKN
6 Malang, dan (6) Ada hubungan positif antara kompetensi guru dan ketersediaan sarana prasarana belajar  dengan  sikap  beretika  TIK  siswa  pada  kelas  XII  program  keahlian  TKJ  di  SMKN  6
Malang. 

 

 


Teks Penuh: DOC PDF