SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

“Membangun E-Learning di SMP Negeri 3 Karangan Trenggalek dengan Menggunakan Moodle“.

Gaguk Dwi Saputro

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Saputro, Gaguk Dwi & Kariim, Nuur Hafizhah. 2009. “Membangun E-Learning di SMP Negeri 3 Karangan Trenggalek dengan Menggunakan Moodle“. Tugas Akhir. Program Studi Teknik Elektronika. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Ilham Arie Elbaith Zaeni, S.T., (II) Sujito, S.T., M.T.

 

Kata Kunci : E-learning, moodle, LAN

 

Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Karangan memiliki dua buah komputer di ruang administrasi serta sepuluh buah komputer di ruang media untuk pembelajaran siswa. Pada waktu pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), keterbatasan jumlah komputer menyebabkan siswa harus bergantian masuk ke ruang komputer. Keaadaan seperti ini tentu saja kurang efektif untuk Proses Belajar Mengajar (PBM) di SMP Negeri 3 Karangan, khususnya mata pelajaran TIK. Berdasarkan paparan di atas, maka peneliti melakukan penelitian di SMP Negeri 3 Karangan dengan judul “ Membangun E-Learning di SMP Negeri 3 Karangan Trenggalek dengan Menggunakan Moodle “.

Penelitian ini didahului dengan pembangunan jaringan lokal kemudian dilanjutkan dengan desain dan instalasi sistem e-learning dengan software Moodle 1.8. sebagai alat bantu pembelajaran di SMPN 3 Karangan.

Hasil pengujian jaringan menunjukkan bahwa semua komputer di ruang komputer terhubung dengan komputer server yang ada di ruang TU. Jaringan yang dibangun menggunakan topologi star, dengan menggunakan IP kelas C. Sedangkan E-learning yang dibuat adalah menggunakan aplikasi moodle 1.8 dengan hanya mengimplementasikan 1 (satu)  mata pelajaran, yaitu Teknologi Komunikasi dan Informasi (TIK). Jaringan LAN yang dibangun untuk mengimplementasikan e-learning telah berhasil sehingga e-learning yang telah dibuat dapat diakses oleh komputer client di ruang komputer. Moodle tidak hanya digunakan untuk upload / download file, memberikan kuis / tugas dalam bentuk tulisan, akan tetapi dapat diterapkan untuk  pembelajaran yang lebih interaktif, seperti misalnya aplikasi sebuah sistem persamaan linear pada mata pelajaran Matematika. Penerapan e-learning perlu dikembangkan tidak hanya sebatas pada jaringan Lokal / Local Area Network (LAN), tetapi perlu media wirreless sehingga dapat diakses oleh siapapun tanpa menggunakan kabel penghubung. Jumlah jenis kursus / mata pelajaran juga perlu ditambah lagi.

 


Teks Penuh: DOC PDF