SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

alat ukur berat badan dengan output suara

bungsu surya tama

Abstrak


ABSTRAK

 

Tama, Bungsu Surya. 2009. Alat Ukur Berat Badan dengan. Output Suara. Proyek Akhir, Jurusan Teknik Elektro, Program Studi D3 Teknik Elektronika, Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Heru Wahyu Herwanto, S.T., M.Kom., (II) Dyah Lestari, S.T.,M.Eng.

Kata Kunci: Timbangan, Sensor Berat, IC ISD.

           

                Timbangan merupakan alat yang berfungsi untuk mengetahui berat suatu benda. Timbangan berat badan yang digunakan oleh manusia ada berbagai jenis antara lain, alat ukur berat badan dengan tampilan analog, alat ukur berat badan digital dengan media komputer, dan ada juga alat ukur berat badan disertai pengukur tinggi badan dengan tampilan digital, tetapi tidak menggunakan sistem penginformasian berat badan dalam bentuk suara.

Perencanaan alat ukur berat badan dengan output suara ini menggunakan unit kontrol sistem (AT89S51), unit pendeteksi berat (sensor berat), unit pengkonversi analog ke digital (ADC), unit penginformasi huruf atau angka (LCD), dan unit penginformasi dalam bentuk suara (IC ISD). Sensor berat yang digunakan adalah potensiometer tipe geser yang bergerak secara linear. Pemakaian potensiometer dengan cara dikopel dengan timbangan analog yang sudah ada. Sistem ini bekerja pada saat timbangan mendapat beban berat maka akan menyebabkan sensor berat terjadi perubahan reristansi. Keluaran dari sensor akan dikonversi oleh ADC. Output ADC akan diproses oleh Mikrokontroler dan keluaran akhirnya akan ditampilkan pada LCD dan IC ISD menginformasikan hasil pengukuran dalam bentuk bunyi dengan media speaker.

                Pengujian pada unit pendeteksi berat badan (sensor berat), sensor dapat berfungsi dengan baik. Pengujian pada unit pengubah dinyal analog ke digital (ADC) mampu mengubah masukan dari sensor menjadi keluaran biner. IC ISD mampu bekerja sesuai dengan keluaran suara seperti kata yang telah direkam. LCD mampu menampilkan data hasil pengukuran dari sensor berupa berat badan. Operasi keseluruhan alat bekerja sesuai dengan perencanaan walaupun ada sedikit kesalahan pada saat pengukuran berat badan kurang lebih selisih 2 kg dengan timbangan yang sudah ada.

Kesimpulan dari perancangan alat ukur berat badan dengan output suara ini adalah: (1) sistem ini mampu mengukur berat badan dari 1 kg hingga 100 kg. (2) LCD mampu menginformasikan data dari hasil pengukuran sensor. (3) IC ISD mampu merekam suara dan memutar ulang kata yang terekam, tanpa penguatan suara dapat terdengar dengan jelas.


Teks Penuh: DOC PDF