SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PROTOTIPE MESIN STEMPEL LOGAM MENGGUNAKAN TENAGA PNEUMATIK DENGAN KONTROL PLC

Mohamad Iqbal Fuady

Abstrak


PROTOTIPE MESIN STEMPEL LOGAM MENGGUNAKAN TENAGA PNEUMATIK DENGAN KONTROL PLC.

 

 

 

Drs. Dwi Prihanto, S.S.T,

Drs. Slamet Wibawanto, M.T,

Mohamad Iqbal Fuady

 

 

Abstrak: Industri pembuatan kompor minyak tanah, panci alumunium, maupun penggorengan, sampai saat ini masih berada dalam kategori industri kecil. Hal ini disebabkan karena kurangnya biaya untuk pengembangan alat-alat produksi yang secara langsung akan memberikan pengaruh besar pada kapasitas dan kualitas produk yang dihasilkan. Ironisnya, keberadaan mereka saat ini semakin terancam seiring membanjirnya produk peralatan dapur buatan pabrik besar yang notabene memiliki biaya produksi lebih besar. Bahkan produk luar negeri-pun mulai ikut serta meramaikan pasar peralatan dapur. Sulit dibayangkan, ketika penyangga utama ekonomi mereka harus hancur di tengah jalan hanya karena sulit bertahan dari serangan produk-produk impor. Hanya dengan menghasilkan barang-barang kualitas maksimal serta tampilan luar yang lebih mengikuti selera konsumen, produk industri kecil menengah bisa bertahan dalam dunia industri, dan kembali menjadi salah satu pilihan para konsumen.

Berdasarkan pemikiran diatas, penulis mengambil tugas akhir yang berjudul “Prototipe Mesin Stempel Logam Menggunakan Tenaga Pneumatik Dengan Kontrol PLC”. Alat ini diharapkan memberi nilai lebih pada berbagai produk perlengkapan memasak yang dihasilkan seperti kompor minyak tanah, panci, penggorengan, dll, serta dapat meningkatkan hasil produksi secara keseluruhan. Dengan melakukan penggantian bahan baku pemberian label, dari kertas ke logam, yaitu pemberian label langsung pada barang yang dihasilkan, akan memberi berbagai macam perubahan. Dari segi penampilan, kesan menarik jelas terlihat. Dari segi ketahanan, selama barang masih digunakan, selama itu pula merek jelas terlihat. Dari efektifitas kerja, akan lebih ringkas daripada pemberian label dari bahan yang terpisah. Selain itu dengan dibuatnya prototipe mesin stempel logam ini, dapat menjadi modal awal berkembangnya industri kecil, dalam rangka menghadapi persaingan pasar global.

Proses stempel logam ini menggunakan media berupa silinder piston. Pengontrol simulator ini menggunakan PLC. Proses kerja dimulai dari silinder (A) yang mendorong lempengan plat keluar dari wadah. Kemudian silinder (B) akan bekerja untuk melakukan proses pemberian stempel lalu kembali ke tempat semula. Setelah itu silinder (C) mendorong benda kerja keluar dari bantalan stempel. Kemudian silinder (A) bergerak mundur.

Ada 5 (lima) jenis pengujian yang dilakukan untuk mengetahui hasil kerja dari mesin stempel logam. Hasil pengujian rangkaian kontrol berfungsi dengan baik. Akan tetapi hasil pengujian kerja mesin stempel kurang sempurna karena kapasitas maksimal kerja silnder yang digunakan kurang dari 5 bar. Agar kerja mesin stempel bisa maksimal diperlukan kompresor dengan kapasitas udara 10 bar serta pemakaian silinder yang lebih besar, yang secara langsung memerlukan dudukan silinder yang lebih luas

Secara teknis prototipe mesin stempel logam menggunakan tenaga pneumatik dengan kontrol PLC berfungsi dengan baik, namun hasil yang diperoleh kurang maksimal.


Teks Penuh: DOC PDF