SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Keaktifan Berorganisasi dan Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang

wahyu . primadi, wahyu . primadi

Abstrak


ABSTRAK

Primadi, Wahyu. 2013. Hubungan  Keaktifan  Berorganisasi dan Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Setiadi Cahyono Putro, M.Pd., M.T., (2) Sujito, S.T., M.T.

 

Kata Kunci: Hubungan, Keaktifan Berorganisasi, Kemandirian Belajar, Prestasi  

                      Belajar Mahasiswa.

 

Peranan mahasiswa aktif dalam organisasi kemahasiswaan yaitu menumbuhkan kemampuan soft skill dan memberikan setiap anggota organisasi untuk bersinggungan langsung dengan kehidupan di dunia kerja. Kemampuan Soft skill ini yang dibutuhkan mahasiswa untuk meningkatkan prestasi belajarnya. Selain itu, untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai tersebut, diperlukan adanya pengembangan ketrampilan soft skill dan kemandirian belajar yang kondusif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap hubungan antara keaktifan berorganisasi (X1) dan kemandirian belajar (X2) dengan prestasi belajar mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang (Y) baik secara parsial maupun simultan, serta mendeskripsikan masing-masing variabel X1, X2 dan Y.

Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Sampel dari penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Teknik Elektro yang aktif berorganisasi di Organisasi Kemahasiswaan Jurusan Teknik Elektro periode 2012 yaitu 92 mahasiswa. Data yang diperoleh diuji dengan uji asumsi klasik untuk menguji prasyarat analisis dan uji hipotesis untuk mengungkap hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat baik secara parsial maupun simultan.

Hasil penelitian: (1) keaktifan berorganisasi (X1) mahasiswa Jurusan Teknik Elektro dalam kategori tinggi yaitu sebesar 32 mahasiswa (35%), (2)  kemandirian belajar (X2) mahasiswa jurusan Teknik Elektro yang aktif berorganisasi dalam kategori tinggi yaitu sebesar 37 mahasiswa (40%), dan (3) prestasi belajar mahasiswa Jurusan Teknik Elektro (Y) yang aktif berorganisasi juga dalam kategori tinggi sebesar 53 mahasiswa (58%), sedangkan sumbangan prediktor terhadap kriterium sebesar 51,1%, yang dijabarkan sebagai sumbangan efektif variabel keaktifan berorganisasi (X1) sebesar 45,48%,  sumbangan efektif variabel kemandirian belajar (X2) sebesar 5,62%. Sedangkan 48,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar faktor yang diteliti.

Kesimpulan: (1) ada hubungan positif dan signifikan antara keaktifan berorganisasi dengan prestasi belajar mahasiswa Jurusan Teknik Elektro, (2) ada hubungan positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar mahasiswa Jurusan Teknik Elektro, dan (3) ada hubungan positif dan signifikan antara keaktifan berorganisasi dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang.