SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pelaksanaan Praktik Kerja Industri Program Studi Keahlian Teknik Komputer dan Informatika di SMK Negeri 1 Purwosari

Nova Rachmawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Rachmawati, Nova 2013. Studi Pelaksanaan Praktik Kerja Industri Program Studi Keahlian Teknik Komputer dan Informatika di SMK Negeri 1 Purwosari. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Tri Atmadji, M.Pd,  (II) M. Zainal Arifin, S.Si, M.Kom.

 

Kata kunci : SMK, Praktik Kerja Industri, Kecakapan Kejuruan

Sekolah Menengah Kejuruan bertujuan untuk menyiapkan tenaga kerja bagi industri sesuai dengan kecakapan kejuruan (vocational skill) yang dimiliki siswa. Untuk menyiapkan tenaga kerja bagi industri, maka pada Sekolah Menengah Kejuruan terdapat program Pendidikan Sistem Ganda (PSG) melalui Praktek Kerja Industri sebagai bentuk penyelenggaraan pendidikan kejuruan yang memadukan secara sistematik dan sinkron program pendidikan di sekolah dan program belajar melalui kegiatan bekerja langsung pada bidang pekerjaan yang relevan, terarah untuk mencapai penguasaan kemampuan tertentu di dunia usaha/ industri. Prakerin sebagai pelaksanaan pembelajaran produktif SMK untuk meningkatkan kecakapan kejuruan (vocational skill) yang menekankan pada pengembangan diri seseorang dalam menghadapi berbagai tantangan kehidupan yang semakin kompleks dan kompetitif.

Dalam penelitian studi kasus pelaksanaan praktik kerja industri ini menjelaskan kerjasama sekolah dan dunia kerja, prosedural pelaksanaan Prakerin, dan kesesuaian kecakapan kejuruan siswa dengan tugas di dunia kerja. Program produktif  berfungsi membekali peserta didik agar memiliki kompetensi kerja yang diimplementasikan pada praktik kerja industri (Prakerin).

Dalam pelaksanaan skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah studi kasus pada SMK Negeri 1 Purwosari. Sumber data yang berupa orang (person), tempat (place), dan simbol (paper)/data. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan catatan di lapangan. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan pengumpulan data, ketekunan pengamatan, dan pemeriksaan sejawat.

Hasil penelitian menunjukkan kerjasama sekolah antara lain untuk penyesuaian kurikulum, prakerin dan permintaan tenaga kerja. SMK Negeri 1 Purwosari setiap tahun selalu meningkatkan kerjasama dengan industri. Siswa SMK program keahlian Teknik Komputer dan Informatika siap melaksanakan Prakerin, hal ini didukung oleh tingkat pengetahuan siswa melalui pembelajaran produktif, sosialisasi yang dilakukan oleh sekolah, dan kemampuan keterampilan dasar siswa sebelum siswa berangkat. Aktivitas siswa melaksanakan Prakerin telah berjalan dengan baik yang didukung oleh kemampuan siswa beradaptasi di lingkungan industri. Aktivitas guru pembimbing juga sudah baik, hal ini didukung oleh intensitas guru dalam mengunjungi siswa selama prakerin serta motivasi dan dukungan yang diberikan oleh guru kepada para siswa. Aktivitas pembimbing industri prakerin juga dilaksanakan dengan baik terutama dalam membimbing siswa selama prakerin mulai dari pelaksanaan kegiatan terbimbing sampai pada kegiatan mandiri siswa terhadap suatu pekerjaan. Pembimbing industri juga senantiasa memberi pengarahan kepada siswa sebelum melakukan suatu pekerjaan dan memeriksa hasilnya setelah selesai. Penilaian akhir siswa prakerin dilakukan oleh pembimbing dengan memperhatikan kehadiran, kedisiplinan, motivasi, mutu kerja, inisiatif, kreatifitas, perilaku, dan keterampilan kecakapan kejuruan siswa yang dilihat dari hasil laporan siswa dalam bentuk jilid dan uji level. Sebagian siswa mengalami ketidaksesuaian tugas di industri dengan kecakapan kejuruan  siswa, tetapi apabila siswa menyenangi pekerjaan tersebut, maka Prakerin siswa tetap dilanjutkan untuk melatih ketrampilan siswa di bidang yang lain, tetapi apabila siswa tidak menyenangi pekerjaan tersebut, maka guru pembimbing memindahkan Prakerin siswa ke industri yang lain.