SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER MODEL TUTORIAL MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS 4 PADA POKOK BAHASAN INSTALASI JARINGAN WAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI TKJ DI SMK WIDYAGAMA MALANG

Rizhal Hartarto

Abstrak


ABSTRAK

 

Hartarto, Rizhal. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Model Tutorial Menggunakan Adobe Flash Cs 4 Pada Pokok Bahasan Instalasi Jaringan WAN Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI TKJ di SMK Widyagama Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Suwasono, M.T (II) Heru Wahyu Herwanto, S.T., M.Kom.

 

Kata Kunci: pengembangan media pembelajaran, model tutorial, komputer, mata pelajaran instalasi wan, prestasi belajar

Berdasarkan hasil observasi pada kelas Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Widyagama Malang, didapatkan bahwa dalam proses pembelajaran masih berpusat pada guru dengan bantuan media pembelajaran dalam bentuk power point, modul berbentuk PDF dan buku cetak. Sehingga hal ini hampir sama dengan memindah materi dari buku ke media pembelajaran. Dengan media yang tersedia kegiatan pembelajaran kurang maksimal. Hal ini dapat diketahui pada saat proses pembelajaran di kelas, siswa merasa jenuh dan bosan.

Melihat fakta tersebut, peneliti bermaksud mengembangkan media pembelajaran berbasis komputer yang interaktif dan mempermudah siswa dalam proses pembelajaran, khususnya dalam materi menginstalasi jaringan WAN. Berikut tujuan dari penelitian ini: (1) Menghasilkan produk media pembelajaran; (2) Memaparkan hasil validasi pengembangan media; (3) Menjelaskan hasil implementasi media pembelajaran; dan (4) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode pengembangan yang digunakan adalah model R & D. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup untuk validasi materi dan media, dan tes untuk mengukur prestasi hasil belajar siswa.

Berikut adalah hasil validasi media pembelajaran pada masing-masing tahapan uji coba, (1) Hasil validasi ahli materi sebelum pengembangan media, menunjukkan persentase tingkat validitas sebesar 81,85% pada tahap uji tahap pertama dan 90,33% pada tahap kedua; (2) Hasil validasi ahli media menyatakan bahwa media telah valid dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas dengan persentase tingkat validitas sebesar 90,78%; (3) Hasil validasi ahli materi setelah pengembangan media menunjukkan bahwa isi/konten materi telah valid dan sesuai dengan SK/KD dengan persentase tingkat validitas sebesar 86,39% pada tahap pertama dan 93,75% pada tahap kedua; (4) Hasil validasi pada uji coba kelompok kecil menyatakan persentase tingkat validitas sebesar 83,27%.

 Hasil belajar siswa dianalisis menggunakan uji-t. Hal ini dapat dilihat dari perbandingan hasil analisis uji-t yang diperoleh nilai thitung (4,400) > dari ttabel (3,740) maka H0 ditolak, ini berarti ada pengaruh dari penggunaan multimedia pembelajaran terhadap hasil belajar. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pengembangan ini telah menghasilkan media pembelajaran yang valid dan mampu meningkatkan prestasi hasil belajar siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ).