SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Kesiapan Belajar Siswa dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran TIK Pada Siswa Kelas XI SMAN di Tulungagung

RIFQI AGUNG PRASETYO

Abstrak


ABSTRAK


Prasetyo, Rifqi Agung. 2012. Hubungan Kesiapan Belajar Siswa dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran TIK Pada Siswa Kelas XI SMAN di Tulungagung.Skripsi, Program StudiPendidikanTeknikInformatika, JurusanTeknikElektro, FakultasTeknik,UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Slamet Wibawanto, M.T, (2) Dyah Lestari, S.T., M.Eng.


Kata Kunci:    hubungan, kesiapan belajar, minat belajar, hasil belajar

Kemajuansuatunegaradapatdilihatdarikualitaspendidikan, untukituPemerintahmelakukanberbagaiupaya demi terwujudnyakeberhasilanbelajar.Salah satunyadenganlebihmemperhatikanfaktor yang mempengaruhibelajar, sepertitentangkesiapanbelajarmaupunminatbelajar.Denganmemperhatikanfaktorbelajartersebut, diharapkanadanyapeningkatanhasilbelajar.
Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengungkaphubunganantarakesiapanbelajarsiswa (X1) danminatbelajar (X2) denganhasilbelajar TIKsiswa (Y) di KabupatenTulungagungbaiksecaraparsialmaupunsimultan, sertamendeskripsikanmasing-masingvariabel X1, X2, dan Y.
Penelitianinimenggunakanmetodedeskriptifkorelasionaluntukmengungkaphu¬bung-anantaravariabelbebasdanvariabelterikatsecarakuantitatifkorelasional.PopulasidansampeldaripenelitianiniadalahsiswaSMAN di KabupatenTulungagung.Data yang diperolehdiujidenganujiasumsiklasikuntukmengujipra-syaratanalisisdanujihipotesisuntukmengungkaphubunganantaravariabelbebasdenganvariabelterikatbaiksecaraparsialmaupunsimultan.
Hasilpenelitian: (1) variabel X1dalamkategoritinggisebesar 35,3% dansedangsebesar 47,5%(2) variabel X2dalamkategoritinggisebesar 38,5% dansedangsebesar46,6%(3) variabel Y dalamkategorisangattinggisebesar 92,7%, (4) Ada hubunganpositifdansignifikanantarakesiapanbelajardenganhasilbelajar TIKsiswakelas XI SMAN di KabupatenTulungagung, (5) Ada hubunganpositifdansignifikanantaraminatbelajardenganhasilbelajar TIK siswakelas XI SMAN di KabupatenTulungagung, (6) Ada hubunganpositifdansignifikanantarakesiapanbelajardanminatbelajardenganhasilbelajar TIK siswakelas XI SMAN di KabupatenTulungagung.
Kesimpulan: sumbanganprediktorterhadapkriteriumnyasebesar13,8%, yang dijabarkansebagai (1) sumbanganefektifvariabel X1sebesar7,8%, (2) sumbanganefektifvariabel X2sebesar6%. Sedangkan86,2%dipengaruhiolehfaktor-faktorlaindiluarfaktor yang diteliti.