SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Etika Praktik Kerja Industri dan Prestasi Bidang Produktif terhadap Perencanaan Pilihan Karier Pasca Sekolah Siswa Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan SMK di Blitar

Indah Kurniawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Kurniawati, Indah. 2012. Pengaruh Etika Praktik Kerja Industri dan Prestasi Bidang Produktif terhadap Perencanaan Pilihan Karier Pasca Sekolah Siswa Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan SMK di Blitar. Skripsi. Prodi Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Dwi Prihanto, S.S.T, M.Pd. (2) Drs. Slamet Wibawanto, M.T.

 

Kata kunci: Etika prakerin, prestasi bidang produktif,  perencanaan pilihan karier.

 

Perencanaan pilihan karier yaitu suatu proses kegiatan menyusun rencana dan mengambil keputusan karier yang ingin digelutinya di masa yang akan datang. Mengingat misi dari SMK yaitu menyiapkan peserta didiknya untuk ke dunia kerja, maka berbagai upaya peningkatan mutu telah banyak dilakukan, diantaranya: menyesuaian kurikulum dengan dunia kerja dan mengikuti program praktik kerja industri. Dalam pelaksanaan prakerin ini, segala perilaku, sikap dan moral siswa dalam bekerja menjadi aspek yang penting dalam penilaian yang  dilakukan oleh industri terkait. Sesuai dengan latar belakang tersebut dirumuskan permasalahan sebagai berikut: (1) bagaimanakah signifikansi pengaruh etika prakerin terhadap perencanaan pilihan karier siswa pasca sekolah, (2) bagaimanakah signifikansi pengaruh prestasi bidang produktif terhadap perencanaan pilihan karier siswa pasca sekolah, (3) bagaimanakah signifikansi pengaruh secara simultan etika prakerin dan prestasi bidang produktif terhadap perencanaan pilihan karier pasca sekolah siswa program keahlian TKJ SMK di Blitar.

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasional. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu etika prakerin dan prestasi bidang produktif serta variabel terikat yaitu perencanaan pilihan karier pasca sekolah. Subyek penelitian adalah siswa program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan SMK di Blitar. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling menghasilkan sampel berjumlah 180 siswa dari empat sekolah, yaitu: SMKN 1 Blitar, SMKN 2 Blitar, SMKN 1 Doko dan SMK Katolik Santo Yusup Blitar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian menyatakan: (1) ada pengaruh yang signifikan etika prakerin terhadap perencanaan  pilihan karier siswa pasca sekolah, diperoleh thitung (13,314) > ttabel (1,973), (2)  ada pengaruh yang signifikan prestasi bidang produktif terhadap perencanaan  pilihan karier siswa pasca sekolah, diperoleh thitung (13,821) > ttabel (1,973), (3) ada pengaruh secara simultan yang signifikan antara etika prakerin dan prestasi bidang produktif terhadap perencanaan  pilihan karier siswa pasca sekolah, diperoleh Fhitung (130,065) > Ftabel (3,05).