SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PENERAPAN REMEDIAL INTELLIGENT TUTORING SYSTEM BERBASIS WEB TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN TIK KELAS VIII SEMESTER II TAHUN AJARAN 2011/2012 DI SMP NEGERI 18 MALANG

Baiq Fiya Hidayani Azhar

Abstrak


ABSTRAK

 

Azhar, Baiq Fiya Hidayani. 2011. Pengaruh Penerapan Remedial Intelligent Tutoring System Berbasis Web Terhadap  Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran TIK Kelas VIII Semester II  Tahun Ajaran 2011/2012 di SMP Negeri 18 Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Muladi, S.T., M.T. (II) M. Zainal Arifin,S.Si.,M.Kom.

 

Kata kunci: Remedial, Intelligent Tutoring System, Hasil Belajar.

 

Proses belajar akan menghasilkan perubahan-perubahan dalam diri seseorang. Untuk mengetahui seberapa jauh perubahan yang terjadi, perlu adanya penilaian dari hasil belajarnya. Untuk mencapai tujuan pembelajaran dijumpai adanya peserta didik yang mengalami kesulitan atau masalah belajar. Untuk mengatasi masalah tersebut, setiap satuan pendidikan perlu menyelenggarakan program pembelajaran remedial atau perbaikan. Namun, pembelajaran remedial tidak selamanya berdampak positif bagi pendidikan.  Berdasarkan hasil obsevasi di SMPN 18 Malang diketahui bahwa sering terjadinya waktu yang tidak efisien dalam pelaksanaan remedial. Banyaknya tes remedial berarti tambahan pekerjaan yang menyita waktu dan tenaga bagi seorang guru.  Dimana guru harus mampu mendeteksi siapa saja siswa yang perlu mendapat perhatian dan perlu memperoleh pengajaran remedial. Sementara itu tidak menutup kemungkinan hasil remedial itu sendiri tidak lebih baik dari hasil tes sebelumnya.  Maka perlu diterapkan metode pembelajaran remedial yang dapat mempermudah guru dalam mengajar serta meningkatkan hasil belajar. Oleh karena itu dalam penelitian ini diterapkan remedial ITS terhadap hasil belajar, untuk mengetahui keefektifan penerapan pembelajaran remedial ITS dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMPN 18 Malang.

Rancangan penelitian ini yaitu eksperimen semu dengan pretest-posttest. Populasi penelitian ini siswa kelas VIII SMPN 18 Malang tahun pelajaran 2011/2012, pengambilan sampel dengan purposive sampling yaitu kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan VIII E sebagai kelas kontrol. Variabel bebas yaitu pembelajaran remedial ITS dan variabel terikat yaitu hasil belajar. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen perlakuan dan  instrumen pengukuran.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan remedial ITS berbasis web pada kelas eksperimen memiliki rata-rata hasil belajar lebih tinggi dari pada penerapan remedial konvensional pada kelas kontrol yaitu 73,62 > 67,93. Hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan perbedaan yang signifikan yaitu dengan nilai Sig(p) 0,003 < 0,05. Terdapat pengaruh signifikan antara pembelajaran remedial ITS berbasis web terhadap hasil belajar dengan hubungan sebesar 53,4% serta sumbangan pengaruh 28,5%.

Kesimpulan dari hasil penelitian yaitu terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa remedial yang mengikuti pembelajaran remedial ITS dengan pembelajaran remedial konvensional dan terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan pembelajaran remedial ITS terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 18 Malang.