SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Sumber Belajar dengan Materi Mengoperasikan Software Penyunting Suara Adobe Audition 1.5 untuk SMK Negeri 10 Malang

Nanang Triwahyudi

Abstrak


ABSTRAK

                     

Triwahyudi, Nanang.  2011. Pengembangan Sumber Belajar dengan Materi mengoperasikan software penyunting suara Adobe Audition 1.5 Untuk SMK Negeri 10 Malang. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Muladi S.T,.M.T, (2) Yuni Rahmawati S.T.,M.T..

 

Kata kunci: sumber belajar, Penyunting Suara

 

Teknologi Internet dapat menjadi terobosan yang efektif untuk mengatasi masalah hubungan antara guru dan peserta didik dalam mengolah informasi bahan pelajaran. Penggunaan fasilitas Internet dalam dunia pendidikan sangat besar manfaatnya, khususnya bagi kaum intelektual dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia secara mudah . Keberadaan sumber belajar yang terkoneksi dengan internet dapat menjadi solusi terbaik bagi guru yang mempunyai jam mengajar yang padat dan lama. Media ini juga dapat mengurangi kebosanan siswa di dalam kelas. Dengan bantuan internet, kegiatan pembelajaran dapat dilaksanakan tanpa batasan waktu dan tempat. Siswa maupun guru dapat mengakses media tersebut kapanpun dan dimanapun mereka berada. Pendidikan  ini sebagai alternatif pemerataan kesempatan belajar yang memungkinkan peserta didik dapat mengakses sendiri materi atau bahan yang dibelajarkan.

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan sumber belajar penyunting suara berbasis website menggunakan software Moodle yang memiliki berbagai fitur yang menarik, efisien, interaktif, mudah dipahami oleh peserta didik. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan media yang diadaptasi dari model pengembangan Dick and Carey. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada pengembangan ini berupa angket yang disebarkan kepada ahli media, ahli materi, dan siswa. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Obyek penelitian ini adalah siswa kelas XI Multimedia SMK Negeri 10 Malang tahun pelajaran 2010-2011.

Hasil validasi sumber belajar dari ahli media mendapat persentase 84%, dari ahli materi mendapat persentase 93%, dan dari responden 90%. Berdasarkan hasil validasi tersebut, sumber belajar berbasis website pada materi penyunting suara dapat disimpulkan valid/layak  dan efektif digunakan sebagai sumber belajar untuk pembelajaran di SMKN 10 Malang. Pengembangan sumber belajar lebih lanjut dapat ditambahkan materi lain dan dapat dikemas secara offline.