SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN PERSEPSI TENTANG SERTIFIKASI DAN MOTIVASI KERJA DENGAN PRODUKTIVITAS KERJA GURU PROGRAM KEAHLIAN INFORMATIKA DI SMK KOTA MALANG

Etistika Yuni Wijaya

Abstrak


ABSTRAK

 

Wijaya, Etistika Yuni. 2011. Hubungan  Persepsi tentang Sertifikasi dan Motivasi Kerja dengan Produktivitas Kerja Guru Program Keahlian  Informatika di  SMK  Kota Malang. Skripsi,  Program  Studi  Pendidikan  Teknik Informatika, Jurusan  Teknik  Elektro, Fakultas  Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. H. Tri Atmadji Sutikno,M.Pd., (2) Drs. Wahyu Sakti G.I., M.Kom.

 

Kata Kunci: persepsi sertifikasi, motivasi kerja, produktivitas kerja

 

Tinggi  rendahnya  produktivitas  kerja  guru Informatika dipengaruhi  oleh faktor  persepsi  sertifikasi  dan motivasi  kerja.  Persepsi  sertifikasi  guru  akan  di persepsikan baik jika hal tersebut dirasakan sebagai hal yang menguntungkan bagi guru.  Sedangkan  motivasi  kerja  guru  ditinjau  dari  dua  faktor,  yaitu  faktor ekstrinsik  dan  faktor  intrinsik. Produktivitas  kerja  guru  dapat  di  ukur  dari  10 komponen  penilaian  portofolio  yang  terdapat  dalam  Buku  Panduan  Sertifikasi 2011.

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  (1) Mendeskripsikan  persepsi  sertifikasi, motivasi  kerja,  dan  produktivitas  kerja  guru  program  keahlian  Informatika  di SMK  Kota  Malang,  (2)  Mengungkap hubungan  persepsi  sertifikasi  dengan produktivitas kerja guru program keahlian Informatika di SMK Kota Malang, (3)  Mengungkap hubungan  motivasi  kerja terhadap  produktivitas  kerja  guru program keahlian  Informatika di SMK Kota Malang, (4) Mengungkap hubungan antara persepsi  sertifikasi dan motivasi dengan produktivitas kerja guru program keahlian Informatika di SMK Kota Malang.

Penelitian  ini  dilakukan  pada  guru  Informatika  di  SMK  kota  Malang sejumlah  93 guru.  Desain  rancangan  pada  penelitian  ini  adalah  penelitian deskriptif  korelasional.  Pengumpulan  data  dilakukan  dengan  menggunakan metode angket. Data yang diperoleh diuji dengan uji asumsi klasik untuk menguji prasyarat  analisis dan uji hipotesis untuk mengungkap hubungan  antara variabel bebas dengan variabel terikat baik secara parsial maupun simultan. Teknik analisis data  menggunakan  korelasi  parsial  dan  regresi  ganda  dengan  bantuan  program SPSS 17.

Hasil  penelitian  ini  adalah  penelitian  ini  adalah:  (1) Persepsi  Sertifikasi Guru Informatika di SMK Kota Malang cenderung berada dalam kategori sedang sebanyak 43  responden  (46,3%); (2) Motivasi Motivasi Kerja Guru Informatika di  SMK  Kota  Malang  cenderung  berada  dalam  kategori  sedang  sebanyak  42 responden (45,3%); (3) Produktivitas Kerja Guru Guru Informatika di SMK Kota Malang cenderung berada dalam kategori tinggi sebanyak 39 responden (42,0%) Kesimpulan ada hubungan  positif  dan  signifikan  antara  persepsi  tentang sertifikasi dan  motivasi  kerja  secara  simultan  dengan  produktivitas  kerja  guru program keahlian informatika di SMK Kota Malang. Variabel persepsi sertifikasi (X1)  dan  variabel  motivasi  kerja (X2)  memberi  sumbangan  efektif  terhadap produktivitas  kerja  guru  program  keahlian  informatika  di  SMK  Kota Malang sebesar 57,48%.