SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Sumber Belajar Pembuatan Website Menggunakan CMS Joomla Berbasis Moodle Pada Pendidikan Jarak Jauh

Warda Isnaini

Abstrak


ABSTRAK

 

Isnaini, Warda. 2011. Pengembangan Sumber Belajar Pembuatan Website Menggunakan CMS Joomla Berbasis Moodle Pada Pendidikan Jarak Jauh. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Sujono, Drs. M.T., (II) I. Made Wirawan, S.T., S.S.T.

 

Kata Kunci: Belajar mandiri, pembelajaran berbasis web, Pendidikan Jarak Jauh.

 

Distance Learning atau pendidikan jarak jauh (PJJ) adalah pendidikan dengan karakteristik adanya keterpisahan antara pendidik dan peserta didik. Penerapan PJJ di Indonesia ini dikarenakan secara umum negera Indonesia terdiri dari pulau-pulau sehingga menyebabkan pendidikan tidak merata, selain itu karena adanya keterbatasan pemanfaatan sumber belajar yang selama ini hanya mengacu pada media cetak (buku). Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan sumber belajar yang bisa diakses dari berbagai daerah tanpa adanya keterbatasan tempat, ruang dan waktu sehingga peserta didik dapat belajar lebih mandiri. Oleh sebab itu diperlukan program-program yang mendukung aplikasi e-learning. Moodle adalah salah satu software yang digunakan untuk pembelajaran berbasis web dan dapat dilakukan pembelajaran mandiri. Penelitian ini akan mengembangkan sumber belajar menggunakan Moodle yang memungkinkan peserta didik belajar secara mandiri.

Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Dick and Carey yang telah disesuaikan dengan keperluan dan pengembangan. Model ini mengarah pada upaya menambah bahan suplemen belajar dengan urutan-urutan kegiatan  pengembangan yang sistematis yang terdiri dari 5 tahap diantaranya: Tahap I dengan menetapkan mata pelajaran yang akan dikembang-kan. Tahap II mengidentifikasi kurikulum mata pelajaran yang akan dikembangkan. Tahap III merumuskan langkah-langkah pengembangan, pada tahap inilah model pengembangan Dick and Carey diterapkan tetapi dalam pengembangan ini tidak semua langkah yang ada di dalam teori pengembangan Dick and Carey di-gunakan, hanya langkah ke-1 sampai langkah ke-7. Tahap IV pengembangan sumber belajar alternatif berbasis website. Tahap V adalah uji coba dan revisi produk pengembangan.

Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada pengembangan ini berupa angket yang disebarkan kepada ahli media, ahli materi, dan responden. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Sampel uji coba diambil dari peserta didik SMK Negeri 10 Malang dan SMK Negeri 2 Singosari. Sumber belajar yang dihasilkan berbentuk web yang terdiri dari modul berupa teks dalam format Pdf, ilustrasi gambar/foto, audio-video, dan dilengkapi fasilitas penunjang seperti: forum, chat,kuis dan latihan atau penugasan. Sumber belajar menggunakan Moodle ini dapat diakses melalui internet dan dapat digunakan untuk pembelajaran di dalam kelas dan di luar kelas.

Hasil validasi sumber belajar dari ahli media menyatakan tingkat kelayakan sebagai sumber belajar   dengan persentase 84%, ahli materi menyatakan tingkat kelayakan sebagai sumber belajar  dengan persentase 87,5%, uji coba kelompok kecil memperoleh persentase 85,5% dan uji coba lapangan menyatakan tingkat kelayakan sebagai sumber belajar  dengan persentase 85,7%. Sumber belajar yang dikembangkan ini dapat diterapakn pada siswa PJJ, siswa tingkat SMK dan masyarakat umum. Penulisan skripsi ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman terhadap materi suplemen untuk pembelajaran , materi Pembuatan Website menggunakan CMS Joomla.

ABSTRACT

 

Isnaini, Warda. 2011. Learning Resources Development Using Joomla CMS Website Creation Moodle On-Based Distance Education. Thesis, Department of Electrical Engineering, Faculty of Engineering, State University of Malang. Supervisor: (I) Sujono, Drs. M.T., (II) I. Made Wirawan, S.T., S.S.T.

 

Keywords: Learning to be independent, web-based learning, Distance Education.

 

Distance Learning or distance education (PJJ) is the education of the characteristics of the separation between educators and learners. Application PJJ in Indonesia is because in general the country Indonesia consists of the islands, causing uneven education, other than that due to the limited utilization of learning resources that until now only refers to the print media (books). To overcome this, the necessary learning resources that can be accessed from various regions in the absence of limitations of space, time and space so that learners can learn more independently. Therefore necessary programs that support e-learning applications. Moodle is one of the software used for web-based learning and learning can be done independently. This study will develop learning resources using Moodle which enable learners to learn independently.

Development model used in this study is the development of Dick and Carey model that has been tailored to the needs and development. This model leads to an attempt to add the material supplement learning with sequences systematic development activities consisting of five phases include: Phase I by assigning subjects to be developed. Phase II identified curriculum subjects that will be developed. Phase III formulate the steps of development, at this stage of development of Dick and Carey model applied in the development of this but not all the steps involved in developing the theory of Dick and Carey in-use, just step 1 to step 7. Phase IV development of web-based alternative learning resources. Phase V is the testing and revision of product development.

Data collection instrument used in this development in the form of a questionnaire distributed to media specialists, materials experts, and the respondent. Data obtained in the form of quantitative data and qualitative data. Test samples taken from 10 students of SMK Negeri Malang and SMK Negeri 2 Singosari. Learning resources produced a web form that consists of modules such as text in PDF files, illustrations / photographs, audio-video, and equipped with supporting facilities such as: forums, chat, quizzes and exercises or assignments. Using the Moodle learning resources can be accessed via the internet and can be used for learning in the classroom and outside the classroom.

The results of the validation of learning resources from media experts claim the level of eligibility as a learning resource by the percentage of 84%, matter experts claim the level of eligibility as a learning resource with a percentage of 87.5%, piloting a small group to obtain the percentage of 85.5% and field trials stated eligibility level as a learning resource with a percentage of 85.7%. Learning resources can be developed in students diterapakn PJJ, students' level of vocational and general public. Writing this thesis is expected to improve the understanding of the material to supplement the learning, the material using Joomla CMS Website Creation.