SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA KOMPETENSI DASAR MELAKUKAN PERAWATAN PC UNTUK KELAS X TKJ DI SMK NEGERI 6 MALANG

VIVIN AYU LESTARI

Abstrak


ABSTRAK

 

Lestari, Vivin Ayu. 2011. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Multimedia Interaktif Pada Kompetensi Dasar Melakukan Perawatan PC Untuk Kelas X-TKJ Di SMK Negeri 6 Malang. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Suwasono, M.T. (2) Triyanna Widiyaningtyas., S.T., M.T.

 

Kata kunci: media pembelajaran, perawatan PC, multimedia interaktif.

 

Proses pembelajaran yang berlangsung di SMK Negeri 6 Malang sudah memanfaatkan multimedia sebagai media pembelajaran. Dari hasil observasi di SMK Negeri 6 Malang, diketahui bahwa di SMK tersebut memiliki peralatan multimedia yang lengkap. Hal ini terbukti dengan adanya LCD proyektor pada setiap kelas yang mendukung pembelajaran menggunakan multimedia. Tetapi media yang digunakan untuk menyampaikan materi masih sangat sederhana yaitu menggunakan media dalam bentuk power point dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Selain itu, SMK Negeri 6 Malang juga mempunyai lab multimedia yang mendukung kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat media pembelajaran perawatan PC menggunakan multimedia interaktif yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran siswa di kelas.

Pada penelitian ini, model pengembangan yang digunakan adalah model Sugiyono yang telah dimodifikasi. Adapun langkah-langkah penelitian yang digunakan adalah sebagai berikut, (1) mengidentifikasi kebutuhan, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) validasi produk, (7) revisi produk, (8) uji lapangan, (9) revisi produk. Produk yang disajikan dalam penelitian ini berupa multimedia interaktif pembelajaran perawatan PC.  Media pembelajaran tersebut menampilkan 6 menu utama yang terdiri dari (1) kompetensi dasar (2) materi, (3) video, (4) soal, (5) profil (7) bantuan. Materi yang terdapat dalam media pembelajaran multimedia interaktif  meliputi satu kompetensi dasar yaitu melakukan perawatan PC pada standar kompetensi melakukan perawatan PC. Materi yang terdapat di dalam kompetensi dasar tersebut terdiri dari perawatan input, perawatan proses, perawatan media penyimpanan, perawatan peripheral, dan perawatan output. Media ini juga dilengkapi buku petunjuk agar guru dan siswa dapat mengeoperasikannya dengan baik.

Media pembelajaran jobsheet dan modul pegangan guru dikembangkan untuk mendukung kegiatan pembelajaran unjuk kerja di SMK Negeri 6 Malang. Jobsheet yang dikembangkan ada 4 macam yang terdiri dari jobsheet praktikum 1 perawatan keyboard dan mouse optic,  jobsheet praktikum 2 perawatan prosessor dan motherboard,  jobsheet praktikum 3 perawatan hardisk, dan jobsheet praktikum 4 perawatan monitor. Sedangkan modul pegangan guru berisi tentang petunjuk penggunaan jobsheet dan multimedia interaktif dalam kegiatan pembelajaran serta terdapat kisi-kisi soal, kunci jawaban, dan pedoman penilaian. Jobsheet, modul pegangan guru dan multimedia interaktif mencapai tingkat kelayakan oleh ahli materi dengan persentase masing-masing media tersebut adalah 98,86% , 98,75%, dan 95,19%, sedangkan hasil validasi ahli media mencapai tingkat kelayakan dengan persentase 95,00%, 95,31, dan 94,79%. Hasil uji coba lapangan jobsheet dan multimedia interaktif mencapai tingkat kelayakan dengan persentase 86,82% dan 87,70%.