SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbedaan Metakognitif Siswa pada Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Metode Resitasi Kelas VIII SMP Negeri 4 Malang

Rika Milliyana

Abstrak


ABSTRAK

 

Milliyana, Rika. 2011. Perbedaan Metakognitif Siswa pada Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Metode Resitasi Kelas VIII SMP Negeri 4 Malang. Skripsi. S1 Pendidikan Teknik Informatika. Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sujono, M.T, (2) Yuni Rahmawati, S.T, M.T.

 

Kata Kunci : Metakognitif, Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share, Metode Resitasi

 

Pada umumnya pembelajaran TIK dapat diterapkan secara optimal apabila aspek-aspek yang perlu dikembangkan pada diri siswa diperhatikan secara seksama, misalnya: metakognitif siswa. Metakognitif mencakup berbagai aspek penting yang dapat mengoptimalkan pengembangan dan pengaturan kognitif siswa, meliputi kesadaran dalam mengontrol belajar dan memperbaiki kesalahan.

Peningkatan metakognitif siswa dapat tercapai apabila metode yang digunakan tepat sasaran. Pembelajaran kooperatif tipe think pair share memuat berbagai langkah pembelajaran yang mampu meningkatkan beberapa komponen metakognitif. Oleh karena itu dibutuhkan penggunaan metode think pair share dalam meningkatkan metakognitif siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan metakognitif siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Malang pada pelajaran TIK yang diberi perlakuan dengan metode think pair share dan metode resitasi. Penelitian ini bersifat eksperimental semu. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas dan terikat, variabel bebas yaitu metode pembelajaran sedangkan variabel terikat adalah metakognitif siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII.

Penentuan sampel menggunakan teknik sampling pertimbangan (purposive sampling) sehingga diperoleh kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIC sebagai kelas kontrol..

Dalam penelitian ini didapatkan data uji-t dua pihak diperoleh nilai thitung (2,25) melalui posttest dan thitung (2,314) melalui inventori metakognitif yang mana nilai thitung melalui kedua instrumen lebih besar daripada rtabel (1,9944) serta nilai Sig. melalui posttest dan inventori metakognitif sebesar 0,028 dan 0,024 yang kurang dari 0,05. Dari hasil analisis data uji-t tersebut, maka didapatkan kesimpulan bahwa terdapat perbedaan metakognitif siswa pada pelajaran TIK kelas VIII melalui pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan metode resitasi