SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kontrol posisi solar cell otomatis

Misruji .

Abstrak


Salah satu teknologi sumber listrik adalah solar cell. Pada prinsipnya solar cell mengubah energi matahari menjadi energi listrik. Solar cell berpotensi sebagai konverter sumber energi alternatif. Salah satu sifat solar cell adalah menyerap energi maksimum ketika cahaya yang mengenai panelnya pada posisi tegak lurus. Permasalahannya, kebanyakan orang menempatkan solar cell dengan posisi yang tetap, tentu saja hal ini kurang efisien karena luas penampang solar cell yang terkena sinar matahari tidak maksimal. Salah satu solusi untuk mengatasi hal tersebut, didesain alat yang secara otomatis dapat mengatur posisi solar cell agar tegak lurus terhadap arah datangnya sinar matahari sepanjang hari maupun sepanjang tahun.
   
Pengaturan posisi  solar cell menggunakan sensor. Komponen-komponen yang digunakan adalah regulator, kontrol motor, motor stepper, solar cell. Prinsip kerja rangkaian ini yaitu pemberian sinyal yang dihasilkan oleh sensor yang akan diolah oleh mikrokontroler. Rangkaian driver motor akan menggerakkan motor stepper sesuai data yang dikeluarkan oleh mikrokontroler. Motor yang memutar panel solar cell sesuai dengan cahaya matahari, sehingga solar cell yang terus mendapatkan cahaya matahari dan enyerap energi semaksimal mungkin.
   
Solar cell yang terus mendapatkan cahaya matahari sesuai dengan posisinya, maka solar cell akan dapat mengeluarkan energi yang maksimal. Dengan membuat sambungan paralel pada solar cell akan didapatkan arus yang besar. Setiap solar cell akan mengeluarkan tegangan sebesar 5V dengan arus maksimal 0,0025A.