SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Sistem informasi pendidikan berbasis web di SMK Darut Taqwa Pasuruan

M. Ali Erkham

Abstrak


Pusat penyampaian informasi sekolah SMK Darut Taqwa masih sangat sederhana dan terbatas, yaitu menggunakan majalah dinding. Penyampaian informasi dengan majalah dinding dinilai kurang efektif, efisien dan kurang universal. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dibangun sistem informasi yang berbasis web, diharapkan penyampaian informasi sekolah kepada siswa bisa lebih cepat dan akurat.

Metode penelitian yang digunakan adalah study literature, pembuatan program, implementasi program, pengujian, dan pembuatan laporan serta dokumentasi. Perancangan sistem informasi meliputi pengolahan data guru, data siswa, data kelas, data materi pelajaran, data nilai siswa, dan pemberian hak akses kepada siswa. Sedangkan yang melakukan update data dilakukan oleh Admin.
Sistem informasi ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL yang terkumpul dalam satu kesatuan program PHPTriad. Kelebihan menggunakan bahasa pemrograman PHP yang paling diandalkan dan signifikan adalah dikarenakan dukungan kepada banyak database.

Dengan adanya aplikasi ini, maka sirkulasi informasi sekolah dapat dipublikasikan secara efektif dan efisien, kepala bagian administrasi sekolah dapat mengelola dan mengatur pengarsipan data sekolah mengenai data data guru, data siswa, data kelas, data materi pelajaran, data nilai siswa dengan efektif, guru dapat mengolah nilai siswa dengan mudah dan dapat memantau prestasi siswa yang dibimbingnya, dan juga dengan adanya aplikasi ini maka siswa dapat melihat prestasi yang diraihnya.

Aplikasi sistem informasi ini masih memiliki banyak kekurangan, baik dari segi desain tampilan maupun fitur yang dimilikinya. Sistem informasi ini masih belum memiliki fitur pencarian data dan fitur untuk mencetak laporan dari hasil input data. Selain itu, untuk sementara sistem informasi ini belum diposting di Internet, sehingga keinginan pempublikasian sistem informasi yang universal belum terwujud.