SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Aplikasi mikrokontroler pada pengayak kopi otomatis

Wisnu Adwitya Harmawan

Abstrak


Perkembangan teknologi saat ini sangat membantu manusia dalam menjalankan aktivitasnya. Peralatan modern dengan kontrol dapat menggantikan ekploitasi tenaga manusia yang berlebihan. Kemajuan teknologi mempunyai peranan penting pada wirausahawan. Keiginan manusia untuk meringankan tugasnya dalam melakukan pekerjaan tertentu , misal mengayak. Karena manusia memiliki keterbatasa dalam hal kemampuan fisiknya, sehingga dalam aktivitasnya memiliki batas-batas yang tertentu pula. Dengan demikian akan berpengaruh langsung pada tingkat efisiensi dari kerja manusia.
Sistem kontrol pengayak kopi otomatis dirancang dengan mengunakan kontrol mikrokontroler.

Alat ini beroprasi, ketika, menekan tombol ON. Pada saat awal pertama sensor melakukan pengecekan pada bak penampung. Bila isi bak penampung penuh, sensor melakukan pengecekan kembali. Bila bak penampung  kosong maka motor mengerakan pengayak.  Apakah kecepatan motor sesuai dengan isi bak pengayak. Jika tidak  motor akan menambah atau mengurangi kecepatan motor sesuai dengan isi bak pengayak. Apabila sesuai dengan isi bak pengayak, maka melakukan proses pengayakan. Dilanjutkan pengecekan apakah bak sudah penuh. Apabila sudah penuh maka motor akan mati / proses pengayakan sudah selesai.

Dari hasil pengujian dan analisis diperoleh kesimpulan bahwa pengayak kopi otomatis secara prinsip telah sesuai dengan spesifkasi yang direncanakan, yaitu: (1) Tombol ON. digunakan untuk mengaktifkan pengayak (2) Sensor inframerah. berfungsi untuk mengetahui bak penampung sudah penuh atau belum. (3) Mikrokontroler. yaitu sebuah IC ATMega 8535 yang berfungsi untuk melakukan pengendalian alat keseluruhan. (4) Driver Motor.  digunakan untuk mengendalikan motor DC (5) Motor DC. berfungsi untuk mengerakan ayakan. (6) LCD. berfungsi sebagai penampilan. 
Hasil pengujian sistem secara keseluruhan yang meliputi hardware dan software dapat bekerja sesuai dengan yang direncanakan. Sensor dapat  mendeteksi ayakan kopi, sehingga dapat diketahui apakah bak penampung penuh atau belum . Rangkaian mikrokontroler dapat bekerja dengan baik sehingga pengiriman dan penerimaan data dari sensor ke mikrokontroler dapat diterima dan diproses dengan baik pula.