SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengendalian otomatis pintu air dan penyimpanan data biaya pemakaian berbasis Delphi 7.0 dan microsoft access 2003

Kusnaidi .

Abstrak


Indonesia merupakan salah satu Negara yang memiliki daratan luas yang banyak dimanfaatkan oleh penduduk Negara tersebut sebagai lahan pertanian. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil pertanian adalah pengairan yang cukup terhadap lahan pertanian.

Sistem pengairan di wilayah pedesaan di Indonesia, masih banyak menggunakan cara manual. Salah satunya di desa Lancar Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan. Pada sistem pengairan yang ada di desa tersebut menggunakan tenaga manusia sebagai penggerak awal mesin diesel (pompa air) dan pengatur buka tutup pintu air. Hal tersebut cukup menguras tenaga dan membutuhkan waktu yang relatif lama. Selain itu, proses pencatatan dan penyusunan data pemakai air masih menggunakan media kertas dan pensil yang mana hal tersebut Hal tersebut relatif kurang aman dan kurang efektif.

Berdasarkan alasan diatas, penyusun membuat miniatur alat pengendali  pintu air otomatis dan penyimpanan data biaya Pemakai air dengan menggunakan personal computer (PC) yang berdasarkan pada sistem pengairan yang digunakan di Desa Lancar Kecamatan Larangan Kabupaten Pemekasan. Pada perancangan miniatur alat ini menggunakan motor dc gear box sebagai pengatur gerak buka-tutup pintu air. Instruksi buka-tutup pintu air berdasarkan data yang terlebih dahulu disimpan di database Microsoft access 2003 yang kemudian dieksekusi oleh komputer dengan menggunakan bahasa pemrograman Delphi. Jika keterangan waktu awal pemakaian air pada form Delphi sama dengan jam yang aktif (counter) di komputer, maka port paralel akan memberikan tegangan 5 Volt yang digunakan untuk megaktifkan driver relay on yang membuat motor dc berputar searah jarum jam sehingga pintu air terbuka. Begitupun sebaliknya, jika keterangan waktu akhir pemakain air pada form Delphi sama dengan jam yang aktif (counter)di komputer, maka port paralel akan memberikan tegangan 5 Volt yang digunakan untuk mengaktifkan driver relay off yang membuat motor dc berputar berlawanan jarum jam sehingga pintu air tertutup.